Kamis, 21 Januari 2016

WOW! Anak Muda ini mendesain mobil rally yang bisa melaju 0-200 kph dalam 7 detik menggunakan SOLIDWORKS

Halo Sobat SUGAS,

Pernah ngebayangin ga sih untuk menggunakan SOLIDWORKS dalam mendesain barang-barang di rumah ? Misalnya : furniture di rumah, dock handphone ataupun tangan robot yang fenomenal baru-baru ini ?

Ini ada cerita inpiratif yang bener bener terjadi di New Zealand utara sana ada anak muda berumur 22 tahun bernama Alex Kelsey. Memang Ayah si Alex ini dulunya juga pebalap rally yang sukses guys. Itulah kenapa ayahnya juga pengen si Alex juga sukses di usianya yang masih muda. Awalnya di umur 12, Alex sudah bantu-bantu ayahnya untuk membuat mobil rally Mazda RX7 di gudang rumahnya. Bahkan di usia 14 tahun, sudah menjadi co-driver lho.

Setelah membuat beberapa mobil, dia mencoba untuk membuat mobil rallynya untuk kejuaraan rally kelas dunia (World Rally Championship). Tiga tahun kemudian ada agenda MC2 (MadCreation2) yang menyedot banyak perhatian kalangan pebalap rally di sana.

Gimana awal mulanya sih ?

Awalnya si Alex ini ternyata bosen guys dan ngerasa suara mobil rallynya kurang sip. "Saya butuh mobil yang keren, suaranya bombastis dan mudah dibuat hingga akhirnya mencari mesin yang tepat dan memasangnya di mobil" ujar Alex.

Untuk membantu anaknya, Orang tuanya rela keluarin uang untuk beli SOLIDWORKS sebagai hadiah ulang tahunnya ke-18. Bener-bener pengen sukses nih orang tuanya :)

Sejak saat itu, Alex sering ngobrol dengan mbah Google untuk mencari spare part yang dia butuhkan dan merancang sendiri bagian yang yang paling penting untuk mobil rallynya seperti chassis, suspensi, shock absorbers dan power steering rack.

tidied_hdr.jpg

Dia mulai dari body Peugeot 217 yang dia modifikasi dengan cetakan dia sendiri. "Alasan kami menggunakan body Peugeot adalah karena mobil ini cukup lebar untuk mengakomodasi penempatan mesinnya, tunnel transmisi dan masih cukup untuk menempatkan 2 jok ukuran normal" ujar Alex.

Dikarenakan hanya sedikit bagian yang tersisa dari Peugeot yang original, sampai-sampai mobil tersebut didaftarkan atas nama Kelsey MC2 bukan peugeot lho. "Yang masih original hanya bagian atapnya saja. Semuanya sudah dimodifikasi untuk mempermudah penempatan komponen di dalamnya" ujar Alex kembali. Tentunya modifikasinya pakai SOLIDWORKS lho.

Alex juga menggunakan SOLIDWORKS Simulation untuk menguji coba kekuatan chassisnya. 

4l1w0995.jpg

Check video ini guys gimana Alex beserta Kelsey MC2nya beraksi di semenanjung Coromandel.



Selamat Berkreasi Sobat SUGAS. Salam SUGAS

Disadur dari : blogs.solidworks.com


Post a Comment

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Image and video hosting by TinyPic
SOLIDWORKS 2018 Great Design Get Built. Informasi dan penawaran hubungi ADS : 031-807 4179 / 0812-7938021 / anton@arismadata.com + SolidWorks 2018 telah hadir, ratusan fitur inovatif telah dikembangkan. Informasi dan penawaran hubungi ADS : 031-807 4179 / 0812-7938021 / anton@arismadata.com + SOLIDWORKS 2018 Great Design Get Built. Informasi dan penawaran hubungi ADS : 031-807 4179 / 0812-7938021 / anton@arismadata.com