Sudah ketemu jawabannya ?

Massa jenis kapal lebih kecil dari massa jenis air. Kok bisa ? Padahal kelereng aja udah pasti tenggelam. massa jenis = massa : volume. Semakin besar volume, maka semakin kecil massa jenisnya.

Mau gabung kedalam group ini ?

Silakan klik link diatas untuk mendaftar.

PT. Arisma Data Setia

Berpengalaman lebih dari 17 tahun menangani dan memberikan solusi bagi semua aspek design di berbagai bisnis yang berbeda. Kantor baru di Sidoarjo mengcover Jawa Tengah sampai Indonesia Timur.

Sudah ketemu jawabannya ?

Massa jenis kapal lebih kecil dari massa jenis air. Kok bisa ? Padahal kelereng aja udah pasti tenggelam. massa jenis = massa : volume. Semakin besar volume, maka semakin kecil massa jenisnya.

Mau gabung kedalam group ini ?

Silakan klik link diatas untuk mendaftar.

Mau tau kenapa?
Banyak yang bilang, kalo SolidWorks + Arisma Data adalah kombinasi yang pas.

Rabu, 27 April 2016

Apa yang dimaksud dengan Hyper Threading ?

Halo Sobat SUGAS,

Pernahkah Anda pada saat beli komputer atau buka-buka komputer Anda ternyata nemu istilah Hyper Threading ? Makanan apa itu yah ? rasanya apa yah ? hehe

Hyper threadding adalah teknologi berbasis Intel yang memungkinan CPU untuk bekerja dalam beberapa kelompok dalam waktu yang bersamaan. Sehingga hyper threading mempercepat dan meningkatkan performa dan efisiensi. Untuk lebih detailnya kita lihat ilustrasi di bawah ini :



Nah, pekerjaan SOLIDWORKS yang memanfaatkan CPU multi-threading diantaranya :

  • Open file SOLIDWORKS
  • Rendering Photoview360
  • Kalkulasi Simulasi
  • Compare Document
  • Update Drawing View
Namun pada operasi lain mungkin tidak terlalu ada efeknya dengan penggunaan CPU multi threading. Yah, rasanya seperti menjalankan Excel pada komputer dengan RAM 32 GB :)

Lalu gimana baiknya, apakah Anda harus membeli komputer dengan RAM besar atau jumlah core CPU yang banyak ?

Berikut rekomendasi untuk Anda, tergantung pada aktifitas yang sering Anda kerjakan :
  • Untuk Anda yang sering mendesain dan pembuatan detail drawing : Anda tidak perlu membeli processor dengan jumlah core yang banyak. Akan lebih efisien dengan Hard drive yang punya kecepatan lebih bagus (RAID 0), dan tentunya RAM yang lebih besar.
  •  Buat Anda yang lebih banyak melakukan Analisis dan rendering : Dengan jumlah core yang lebih banyak, Anda akan menemukan performa yang lebih baik.
Salam Ngebut :D

Jumat, 22 April 2016

Resep menjadi Engineer Sejati

Jika Anda memutuskan untuk mengembangkan karir di bidang teknik, Inilah senjata yang harus Anda asah:

1.Pemecah Masalah
Engineer adalah penemu jawaban untuk masalah. Namun Anda tidak cukup hanya menjadi pemecah masalah, Anda harus menjadi tipe orang yang setiap harinya terbiasa sarapan dengan masalah. Menjadi kreatif sudah menjadi kegiatan rutin untuk otak Anda

2. Pemilih yang perhatian terhadap detail
Ketika Anda sedang merancang jembatan, Anda harus memperhitungkan setiap mur tunggal dan baut. Mesin membutuhkan perhatian yang luar biasa terhadap detail. Anda harus teliti dalam pendekatan Anda.

3. Kemampuan untuk merealisasikan
Memiliki ide besar adalah kemampuan spesial. Tapi memiliki energi untuk mewujudkannya adalah hal langka. Anda seorang pelaku. Seorang pembuat. Sebuah completer-finisher.

4.  Keterampilan STEM
Tumbuh menjadi seorang teknisi besar memerlukan keterampilan ekstra dalam mata pelajaran STEM: sains, teknologi, engineering dan matematika (terutama matematika)

5. Kemampuan CAD
Tak usah dikatakan bahwa keterampilan IT adalah suatu keharusan, tentu Anda harus mempelajari beberapa software penunjang seperti 3D CAD. Kemampuan ini juga yang bisa meningkatkan jenjang karir Anda.

SOLIDWORKS 2016 SP 3.0

Halo Sobat SUGAS,

Saat ini sudah rilis lho SOLIDWORKS 2016 SP 3.0. Kami yakin banyak diantara Anda yang sudah menantikannya. Meskipun bukan upgrade versi seperti 2015 ke 2016, namun SOLIDWORKS 2016 SP 3.0 ada beberapa fungsi tambahan dari rilis sebelumnya, SOLIDWORKS 2016 SP2.1. Apa aja sih yang baru di SOLIDWORKS 2016 SP 3.0 ?

1. Adanya opsi untuk menggunakan icon yang warna warni

Bagi para master-master, SOLIDWORKS identik dengan icon yang warna-warni. Nah, Anda yang merindukannya bisa update ke SOLIDWORKS 2016 SP 3.0



2. Perintah transfer license diubah menjadi deactivate license

Transfer license seringkali menimbulkan ambigu, bahwa proses perpindahan licensenya bisa dilakukan tanpa proses aktivasi licensenya di komputer yang baru. Untuk itu, SOLIDWORKS mempertimbangkan untuk mengganti istilahnya di SOLIDWORKS 2016 SP 3.0 menjadi deactivate license yang sekilas diartikan menon-aktifkan license. Menjadi lebih mudah dipahami bukan ?

3. Rilis product 'SOLIDWORKS PCB'
Nah, bertepatan dengan SOLIDWORKS 2016 SP 3.0, SOLIDWORKS merilis produk baru, SOLIDWORKS PCB. Software ini stand alone yang bisa difungsikan untuk mendesign PCB, sesuai namanya. Hal ini semakin memperluas jangkauan solusi yang diberikan oleh Dassault Systemes SOLIDWORKS.

Yuk yang mau upgrade ke versi SOLIDWORKS 2016 SP 3.0 bisa menghubungi PT. Arisma Data Setia di 031 807 4179.

Salam SUGAS.

Jumat, 15 April 2016

Apa Sistem CAD terbaik untuk hadware Anda?



Perkembangan Hardware saat ini terbilang pesat. Banyak perusahaan baru yang mengembangkan produk inovatif mereka. Seiring dengan pertumbuhan teknologi manufaktur khususnya dalam bidang prototyping dan komunikasi. Lalu, software apa yang bisa menunjang kedua pertumbuhan ini?


Misalnya,  Anda memiliki Printer 3D, serta Komputer yang hebat untuk menjalankan misi Anda, Anda masih membutuhkan software yang ramah dengan hardware Anda, yang tidak mengonsumsi banyak energi dari hardware Anda, maupun energi Anda sendiri.

Berdasarkan Survey, Solidworks adalah software yang paling banyak dipilih oleh pengguna. Mau tahu alasannya?


Cari tahu disini

Rabu, 13 April 2016

Waspada terhadap Fenomena Buckling

Halo Sobat SUGAS,

Kali ini kita akan bahas mengenai fenomena buckling di ilmu kekuatan bahan. Jadi bukan hanya fenomena yield saja yang terjadi di ilmu kekuatan bahan. 

Jika fenemona yield, membahas benda akan berubah menjadi plastis ketika sudah melewati batas elasitas atau dalam bahasa sehari-hari kita temui sebagai yield strength.

Lalu apa yang dimaksud dengan buckling ? bentuknya seperti apa ?

Ciri-ciri buckling adalah seperti berikut ini :
  1. Terjadi deformasi dalam skala besar dalam waktu yang sangat singkat
  2. Terjadi akibat beban axial
  3. Bisa terjadi meskipun masih dalam batas yield
  4. Paling umum terjadi pada bentuk profil yang tipis tapi panjang
Ilustrasi buckling :

Untuk lebih jelasnya, mari kita ikuti perkualihan dari Pak Lik Youtobe berikut ini



Jadi udah tahu kan apa perbedaan yield dengan buckling ?

Yup, Buckling terjadi deformasi dalam skala besar dan terjadi dalam waktu yang sangat singkat. Jadi kita harus patut waspada.

Salam SUGAS.

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Image and video hosting by TinyPic
SOLIDWORKS 2016 Make Great Design Happen. Informasi dan penawaran hubungi ADS : 031-807 4179 / 0812-7938021 / anton@arismadata.com + SolidWorks 2016 telah hadir, ratusan fitur inovatif telah dikembangkan. Informasi dan penawaran hubungi ADS : 031-807 4179 / 0812-7938021 / anton@arismadata.com + SOLIDWORKS 2016 Make Great Design Happen. Informasi dan penawaran hubungi ADS : 031-807 4179 / 0812-7938021 / anton@arismadata.com