Jumat, 29 Januari 2016

Aturan dasar dalam pembuatan design produk plastik dengan mold injeksi

Halo Sobat SUGAS,

Proses injeksi molding seringkali menjadi hal yang paling kompleks untuk dikerjakan. Hal ini tidak terlepas dari banyak trial dan error yang harus dilakukan. Nah, untuk mengurangi proses kegagalan tersebut ada baiknya kita simak tips sederhana dari Peter Rucinski selaku Senior Product Portfolio SOLIDWORKS Plastics berikut ini :

1. Ketebalan Part haruslah seragam

Menjaga ketebalan part agar selalu sama menjadi hal terbaik dalam membuat design produk mold injeksi. Keseragaman tersebut mebuat pola pengisian, besarnya molded-in stress dan shrinkage yang sama. Part yang memiliki ketebalan yang seragam memiliki kecenderungan yang sangat kecil akan melengkung ketika produknya menjadi dingin. Ilustrasi dari SOLIDWORKS Plastics di bawah ini menunjukkan angka ketebalan dari produk yang Anda design. Anda bisa menggunakan informasi ini untuk memodifikasi ketebalan part. Jika part Anda tergolong tipis, Anda cukup memodifikasi bagian yang tebal.


2. Hindari transisi tiba-tiba bentukan dari tipis menjadi tebal

Transisi ketebalan part sebenarnya agak sulit untuk dihindari jika kita membutuhkan rib dan gusset pada design kita. Akantetapi, transisi dari tipis ke tebal harus bergradasi sehalus mungkin untuk menghindari fenomena racetracking. 








3. Ikuti panduan pembuatan rib

Rib biasa digunakan untuk menopang dan menghidari terjadi warpage. Namun jika desain rib tidak salah maka masalah sink marks maupun warpage akan terjadi. Panduan untuk ukuran rib adalah sebagai berikut :

  • Ketebalan dasar rib berkisar 50-70% dari ketebalan part
  • Ketinggian rib berkisar 2.5 - 3x dari ketebalan part
  • Kemiringan rib 0.5 - 1.5 derajat (agar mudah pada proses pelepasan selepas proses injeksi mold)
  • Jarak antar rib harus berkisar 2 -3x ketebalan part
4. Hindari bentukan siku yang tajam

Siku yang tajam bisa menyebabkan konsentrasi stress yang menyebabkan mudah retak. Jalan keluar yang paling mudah tentunya menabhkan fillet maupun chamfer seperti ilustrasi di bawah ini :

Itulah tadi tips dasar yang perlu diperhatikan dalam pembuatan design produk plastik dengan mold injeksi. Jika membutuhkan informasi SOLIDWORKS Plastics lebih detail, bisa menghubungi PT. Arisma Data Setia di (031) 807 4179.

Selamat berakhir pekan dan Salam SUGAS.


Post a Comment

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Image and video hosting by TinyPic
SOLIDWORKS 2018 Great Design Get Built. Informasi dan penawaran hubungi ADS : 031-807 4179 / 0812-7938021 / anton@arismadata.com + SolidWorks 2018 telah hadir, ratusan fitur inovatif telah dikembangkan. Informasi dan penawaran hubungi ADS : 031-807 4179 / 0812-7938021 / anton@arismadata.com + SOLIDWORKS 2018 Great Design Get Built. Informasi dan penawaran hubungi ADS : 031-807 4179 / 0812-7938021 / anton@arismadata.com