Selasa, 21 Mei 2013

Bagaimana Pembuat Mesin Konstruksi Global Membuat Petunjuk Assembly Yang Lebih Cetar ?

Halo Arek SUGAS,

Sany Group adalah produsen mesin konstruksi terbesar keenam di dunia yang memproduksi concrete machinery, excavator, crawler cranes, truck cranes, pile driving machinery, road construction machinery, port machinery maupun wind turbine.

Untuk menunjang pekerjaan, mereka selalu menyiapkan SOP (Standard Operating Procedure) perakitan maupun penggantian spare part yang mudah dipahami oleh setiap karyawan mereka. Karena jika karyawan mereka salah memasang maupun melepas bagian-bagian yang ada dalam mesin mereka akan menyebabkan hal yang fatal. Dimulai dari molor dari deadline, assembly produk tidak bisa befungsi, maupun kerusakan spare part yang mahal.

Begitulah sekiranya SANY Group memutuskan untuk menggunakan SolidWorks Composer yang masih tergabung dalam keluarga besar SolidWorks.

SolidWorks Composer difokuskan untuk membuat :
  • Product manuals
  • Installation instructions
  • Maintenance & repair guides
  • Manufacturing assembly instructions
  • Training systems
  • Brochures
  • Product web pages
  • Interactive, configurable product demos
  • Sales bidding kits
  • Customer and supplier review presentations

Berikut urutan proses bagaiamana engineer mereka memanfaatkan SolidWorks Composer untuk memberikan pelatihan dalam perakitan assembly :

Step 1
Process Engineers mengimpor file CAD ke dalam aplikasi SolidWorks Composer. Berhubung SolidWorks Composer adalah aplikasi stand alone, maka akan semakin flexible digunakan oleh user yang tidak menggunakan SolidWorks maupun format file di luar SolidWorks. Kemudian Engineers tersebut membuat animasi perakitan dan menambahkan penjelasan yang diperlukan.


Step 2

Dalam editor SOP, Process engineer membuat link animasi yang sudah dibuat dengan teks yang ada di SOP.

Step 3.

Seluruh SOP yang terdiri dari teks, gambar 2D dan animasi 3D kemudian dirilis ke MES (manufacturing Execution Systems) yang ditempatkan di samping jalur perakitan. Pekerja dapat menonton secara langsung dan berinterkasi melalui layar touchscreen. Sehingga jika diklik salah satu urutan prosedure yang dibuat, akan  muncul dalam bentuk animasi.


Berikut contoh video yang menunjukkan cara perakitan salah satu produk Sany.


Thanks to http://solidworks.arismadata.com/blog/2013/05/20/bagaimana-sany.. 

Salam SUGAS.


Post a Comment

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Image and video hosting by TinyPic
SOLIDWORKS 2018 Great Design Get Built. Informasi dan penawaran hubungi ADS : 031-807 4179 / 0812-7938021 / anton@arismadata.com + SolidWorks 2018 telah hadir, ratusan fitur inovatif telah dikembangkan. Informasi dan penawaran hubungi ADS : 031-807 4179 / 0812-7938021 / anton@arismadata.com + SOLIDWORKS 2018 Great Design Get Built. Informasi dan penawaran hubungi ADS : 031-807 4179 / 0812-7938021 / anton@arismadata.com