Sudah ketemu jawabannya ?

Massa jenis kapal lebih kecil dari massa jenis air. Kok bisa ? Padahal kelereng aja udah pasti tenggelam. massa jenis = massa : volume. Semakin besar volume, maka semakin kecil massa jenisnya.

Mau gabung kedalam group ini ?

Silakan klik link diatas untuk mendaftar.

PT. Arisma Data Setia

Berpengalaman lebih dari 17 tahun menangani dan memberikan solusi bagi semua aspek design di berbagai bisnis yang berbeda. Kantor baru di Sidoarjo mengcover Jawa Tengah sampai Indonesia Timur.

Sudah ketemu jawabannya ?

Massa jenis kapal lebih kecil dari massa jenis air. Kok bisa ? Padahal kelereng aja udah pasti tenggelam. massa jenis = massa : volume. Semakin besar volume, maka semakin kecil massa jenisnya.

Mau gabung kedalam group ini ?

Silakan klik link diatas untuk mendaftar.

Mau tau kenapa?
Banyak yang bilang, kalo SolidWorks + Arisma Data adalah kombinasi yang pas.

Jumat, 26 Februari 2016

Validasi Design - Meminimalisasi kegagalan secara virtual

Halo Cak SUGAS,

Pernahkan Anda melihat baliho di tepi jalan roboh diterjang angin, jembatan putus akibat kelebihan beban, atau kendaraan mendadak bising ketika diterpa angin kencang ?

Berbagai usaha dilakukan oleh sebuah industri manufaktur untuk mengelimir semua kegagalan tersebut. Dari mulai perhitungan manual yang diajarkan di bangku sekolah, physical test maupun virtual dengan bantuan Software.

Perhitungan Manual
Metode ini adalah fundamental dari metode virtualisasi analisis di Software. Sehingga jika sesorang menguasai metode ini kemudian beralih menggunakan Software di kemudian hari, hasil analisisnya akan lebih akurat. Namun kesulitan metode ini adalah kita harus mengetahui berbagai rumusan yang dibutuhkan. Karena dengan adanya perbedaan kondisi pembebanan akan berbeda juga rumusnya.

Physical Test
Metode ini mengandalkan uji secara fisik dengan pembebanan secara langsung. Sehingga dibutuhkan pembuatan prototype di awal. Lalu bagaimana jika pengujian pertama gagal ? Astaga benar juga ya. Kalau gagal berarti harus kita revisi designnya, buat prototype ulang, lalu uji kembali.
Biasanya beberapa perusahaan mempunyai physical test sendiri, namun tidak sedikit yang harus sub count ke pihak luar. Jika harus mengandalkan pihak luar, kita harus mempertimbangkan besarnya biaya yang harus dibayarkan karena biasanya biaya yang kita tanggung hanya untuk sekali test dan tidak peduli gagal atau berhasil. Jika sudah demikian biasanya kita cenderung untuk membuat segala sesuatunya over design.

Virtualisasi dengan bantuan Software
Dengan berkembangnya teknologi komputerisasi saat ini, Metode ini dianggap paling efektif karena :
  • Mendeteksi kegagalan produk secara dini.
    • Menghindari kegagalan di lapangan.
    • Mencari alternatif design.
  • Meningkatkan kompleksitas design.
    • Meningkatkan fungsi dan performa.
    • Kesesuaian produk dengan spesifikasi yang diinginkan maupun regulasi dari pihak luar.
  • Mengurangi proses re-design.
    • Memungkinkan kebenaran design sejak gambar pertama dirilis.
    • Adanya kapabilitas optimasi bentuk dan berat suatu produk
  • Kualitas produk yang lebih baik
    • Produk yang dihasilkan lebih handal dan efisien.
Sehingga dengan bantuan software, uji kegagalan bisa dilakukan dengan cara yang lebih murah dan mempermudah untuk mempresentasikan ke pihak terkait. Sudahkah Anda melakukan uji kegagalan dengan Software guys ?

Salam SUGAS.

Rabu, 24 Februari 2016

Wow, DRAFTSIGHT 2016 SP 0 sudah rilis!

Draftsight 2016 mengusung banyak perubahan di ketiga versinya, Free, Professional, dan Enterprise. Ketiga versi itu membuat Anda lebih fleksibel dalam memilih software yang sesuai dengan kebutuhan Anda.
Lalu apa saja yang baru di Draftsight 2016?





Pembaharuan Draftsight mampu meningkatkan efisiensi dan produktifitas penggunanya terutama dalam membuat proyek baru, atau mengedit gambar yang sudah ada. Selain itu, Draftsight 2016 juga memiliki performa yang lebih cepat terutama dalam proses zooming, regenerating, dan panning.




Video ini menampilkan beberapa fitur baru dari Draftsight 2016 dalam 4 hal penting:
-User Interface
Anda akan melihat User Interface baru yang lebih friendly, Anda tidak perlu belajar lagi jika sebelumnya Anda menggunakan software 2D lainnya.
-Visibility & Selection
-Layer Management
-Annotation
Tunggu apa lagi? Yuk langsung kita download software Gratis Ini Draftsight 2016 SP 0

Jumat, 19 Februari 2016

Pakaian Pelindung hasil 3D-Printer


 Pernah terpikir untuk mendesain baju sendiri sesuai dengan desain dan ukuran yang Anda inginkan? Dengan teknologi yang ada sekarang, Anda tidak perlu lagi membeli kain lalu pergi ke penjahit dan menyampaikan desain yang Anda inginkan. Tak jarang juga, hasilnya tidak sesuai dengan yang Anda inginkan kan?
Pernahkan Anda membayangkan untuk mencetak sendiri pakaian Anda? Inilah yang dilakukan oleh mahasiswa Israel bernama Nitzan Kish.

Dilatarbelakangi rasa prihatin karena banyaknya kejahatan terhadap kaum perempuan di Israel, Nitzan Kish pun berniat untuk menciptakan solusi bagi kaum perempuan. “Satu dari empat wanita di Israel telah menjadi korban pemerkosaan. Dalam sebuah studi di Mei 2015, 98% kasus pemerkosaan tidak dilaporkan pada pihak berwajib, hal ini dikarenakan kurangnya kepercayaan masyarakat terhadap aparat. Ini menandakan bahwa aparat belum memberikan solusi perlindungan yang memadai untuk masyarakat” begitu tutur Kish. Itulah alasan Kish menciptakan pakaian pelindung khusus untuk perempuan lengkap dengan senjata tersembunyi.



Kini dengan Integrasi dari Solidworks, 3D-Printer telah menjadi mesin jahit baru bagi Nitzan Kish.


















Dengan Solidworks, Kish bisa menambahkan motif atau warna yang ia inginkan ke rompi pelindung tersebut. Fitur Scale juga akan mempermudah Kish untuk menyesuaikan ukuran.
















Kish mendesain rompi pelindung tersebut sehingga bisa berubah bentuk dan bereaksi terhadap serangan.


Selain Kish, banyak pula desainer pakaian yang telah beralih dari mesin jahit lamanya ke 3D printer. Mari kita lihat videonya :)




Rabu, 17 Februari 2016

Baru! SOLIDWORKS Visualization

Halo Sobat SUGAS,

Bersamaan dengan agenda terakbar yang baru saja berakhir kemarin, SOLIDWORKS World 2016 di Dallas, Texas. SOLIWORKS merilis SOLIDWORKS Visualize sebagai solusi product rendering. SOLIDWORKS Visualize adalah hasil akuisi product rendering terbaik yang ada saat ini, Bunkspeed.

Aplikasi SOLIDWORKS visualize ini stand alone guys, jadi ga hanya file SOLIDWORKS aja yang bisa dibuka, tapi juga Autodesk Alias®, Rhino®, SketchUp® dan masih banyak lagi format file CAD lain.

Ini dia awal mulanya :


Udah penasaran seperti apa SOLIDWORKS Visualize ?



Kabar baiknya, bagi Anda yang sudah memiliki license SOLIDWORKS Pro & Premium bisa mendapatkan SOLIDWORKS Visualize standard dengan gratis ?

Terus yang belum punya gimana ? Tenang aja, bisa beli SOLIDWORKS Visualize yang versi Profesional. Jadi ga harus beli SOLIDWORKS dulu guys. Mantap kan.. heheh

Salam SUGAS.

Jumat, 12 Februari 2016

MIT memasukkan SOLIDWORKS pada kurikulum mereka

Tahukah Sobat SUGAS,

Kampus teknik yang paling tersohor sejagat, The Massachusetts Institute of Technology aka MIT telah menggunakan SOLIDWORKS. Pendekatan ini berhasil membantu mereka dalam menciptakan lebih dari 2000 design dan manufaktur. Maka tidak mengherankan bila MIT dijuluki Ibu dari semua kontes robot. MIT mewajibkan mahasiswa mereka untuk merancang robot yang bisa befungsi hanya dalam 15 minggu semester.

MIT memilih untuk menggunakan SOLIDWORKS sebagai alat bantu design dalam kurikulum mereka karena mudah digunakan dan fiturnya lengkap. Dengan mengimplementasikan SOLIDWORKS, pembelajaran CAD mereka menjadi lebih pendek, yaitu hanya memakan waktu 6 sesi saja guys. Terbukti kan SOLIDWORKS adalah software yang mudah dipelajari ?

Bagi Sobat SUGAS yang saat ini menjadi dosen/staff pengajar, contoh sosialisai SOLIDWORKS bisa didapatkan secara gratis untuk fakultas, staff dan mahasiswa mereka bisa dilihat di http://ist.mit.edu/news/solidworks




MIT Hyperloop

MIT Hyperloop

Rabu, 10 Februari 2016

Akhiri mimpi buruk Industri Mold-Injeksi

TRIAL-ERROR = TEROR?

Tidak bisa dipungkiri, hampir seluruh industri mold pasti pernah melakukan trial dan error. Coba pikir kembali, berapa nilai yang sudah kita korbankan demi sebuah kegagalan? Para desainer lembur, tidur larut malam, staff produksi mengerjakan dengan teliti sesuai toleransi, owner mengorbankan modal, namun hasilnya gagal. Proses trial-error ini tentu menjadi teror bagi seluruh departemen.
Saat ini, 80 % produk plastik dibuat dengan mold-injeksi sehingga teror ini harus segera diakhiri.
Memproduksi sebuah mold-injeksi dengan sukses tanpa cacat dipengaruhi berbagai faktor yang kompleks, mulai dari waktu, temperatur, tekanan, material dan jenis alat yang digunakan. Desainer, moldmakers, dan semua yang terlibat dalam pembuatan mold harus bekerja sama demi tercapainya mold-injeksi yang berkualitas. 
Tak jarang, pertimbangan-pertimbangan ini pun menjadi pertanyaan bagi mereka:
- Apakah geometri produk sesuai dengan draft (kemiringan) dan tebal produk?
- Berapakah waktu yang ideal untuk proses cooling, injeksi, dan eject ?
- Berapakah temperatur, jalur channel dan jumlah mold yang ideal?
- Apakah penggunaan tool khusus, penambahan injection gates bisa mengimprove desain?
moldinjmachine
Cara tradisional untuk menjawab pertanyaan tersebut membutuhkan banyak peran antara desainer, moldmaker, staff produksi dalam membuat prototipe dan melakukan trial-eror. Belum lagi biaya dan waktu yang dikeluarkan. 
Simulasi mold injeksi yang akurat bisa membantu Anda menyelesaikan masalah ini. Menguji mold melalui simulasi virtual dan kemudian mengkomunikasikan dengan seluruh desainer, moldmaker, dan staff produksi akan membantu Anda berkolaborasi lebih efisien dan efektif. Tentu saja Anda akan menghemat biaya pembuatan prototipe.
Akhirnya, Solidworks Plastics dapat membantu Anda tidur tepat waktu. Untuk mempelajari lebih lanjut, dan mencoba Trial Solidworks Plastics klik link dibawah ini : 
Dengan mengurangi waktu dan energi Anda dalam pembuatan Mold, Anda bisa lebih fokus untuk mengembangkan produk Anda.

Jumat, 05 Februari 2016

Maksimalkan Performa Solidworks Anda

Mungkin Anda sering kesal ketika Anda sedang fokus mengimplementasikan ide Anda namun tiba-tiba komputer Anda mengalami eror. Apa saja penyebabnya? Dan bagaimana Anda dapat mengatasinya?

Berikut tips untuk membantu Anda memaksimalkan performa Solidworks Anda
Hardware
1. Gunakan prosesor yang tepat ( Intel Generation 4/5)
2. Pilih Memori yang tepat (DDR 4 with ECC)
3. Pilih disk drive - SSD
4. Gunakan graphic card yang sesuai dengan kebutuhan Anda
5. Gunakan Solid State hard drive
6. 16 GB RAM akan sangat ideal
7. Disarankan menggunakan VGA NVIDIA K2200 
8. Minimal Single 4 Core processor (Membutuhkan lebih untuk simulasi dan rendering)
System Option
Jangan ragu untuk membuka www.solidworks.com
Anda akan menemukan banyak presentasi yang bisa membantu Anda memaksimalkan penggunaan Solidworks

1. Pengaturan Image Quality dapat mempengaruhi performa hingga 300%
2. Me-nonaktifkan Real View dan Shadow akan meningkatkan performa 20%
3. Mengurangi detail seperti Extrude text dapat meningkatkan performa 50%

Angka tersebut sudah teruji dengan percobaan.

Masih banyak cara lainnya untuk meningkatkan performa Solidworks Anda, Anda bisa mempelajarinya di website tersebut. Selamat berkarya :)

Rabu, 03 Februari 2016

TRUSST Lingerie : Sebuah bra yang didukung dengan rekayasa teknologi

Halo Sobat SUGAS,

Tepat tengah malam tadi (2 Feb 2016 WIB) sedang dilaksanakan event paling akbar milik SOLIDWORKS, apalagi kalau bukan SOLIDWORKS World 2016 di Dallas, Texas.

Nah ada yang menarik nih di hari kedua SWW16 kali ini, karena menampilkan user SOLIDWORKS yang tidak biasa. Kalau bicara SOLIDWORKS akrab sekali dengan perusahan otomotif, furnitur, EPC, machinery ataupun industri lain yang berkaitan dengan manufaktur. Tapi kali ini yang tampil adalah CEO dan CPO dari perusahaan Lingerie. What perusahaan lingerie ? ga usah kaget gitu ahh..hehe.. Tapi saran kami sih buat Sobat SUGAS yang merangkap sebagai jones stop sampai sini bacanya..wkwkw

Trusst Lingerie sebagai perusahaan pembuat lingerie yang bermarkas di Pittsburg, PA. Perusahaan ini mulai membuat lingerie pada Agustus 2014 guys. Salah satu produknya tentu saja bra, khusunya untuk ukuran cup yang besar. Hah, sekali lagi sobat jones mending lihat tips & trik SOLIDWORKS aja daripada nerusin baca artikel ini :)


Bagaimana ide membuat bra ukuran besar ini muncul ?

Wanita yang memiliki ukuran payudara besar pasti akan memberi tahu Anda bahwa rasanya hampir mustahil untuk dapetin bra dengan tampilan menarik yang ukurannya pas. Problem yang muncul pada penggunaan bra yang besar adalah 

Bra yang mereka buat, itu didesign dengan SOLIDWORKS dan telah diuji menggunakan SimulationXpress. Dari design di SOLIDWORKS tersebut, mereka bisa print 3D untuk pembuatan prototype. Setelah itu mereka mengundan 100 wanita untuk datang dan mencoba langsung. Tebak saja, mereka ternyata menyukainya.

Moderatornya sampai sempat salah tingkah waktu membahas ini lho...Penasaran seperti apa diskusi mereka di SOLIDWORKS World 2016 ? Yuk, simak videonya :


Yuk, kalau kamu punya ide. Tuangkan di SOLIDWORKS dan segera wujudin ya. Salam SUGAS.

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Image and video hosting by TinyPic
SOLIDWORKS 2018 Great Design Get Built. Informasi dan penawaran hubungi ADS : 031-807 4179 / 0812-7938021 / anton@arismadata.com + SolidWorks 2018 telah hadir, ratusan fitur inovatif telah dikembangkan. Informasi dan penawaran hubungi ADS : 031-807 4179 / 0812-7938021 / anton@arismadata.com + SOLIDWORKS 2018 Great Design Get Built. Informasi dan penawaran hubungi ADS : 031-807 4179 / 0812-7938021 / anton@arismadata.com