Rabu, 29 Agustus 2012

Segudang Fungsi SolidWorks Indent

Halo Arek SUGAS,

Salah satu fitur SolidWorks yang terkadang diabaikan oleh banyak orang meskipun punya segudang fungsi adalah fitur Indent. Berikut adalah 3 contoh yang berbeda tentang bagaimana fitur ini dapat digunakan pada kegiatan design sehari-hari yang biasanya bisa berlangsung berjam-jam.

Note : Sample file yang digunakan dalam artikel ini bisa di download disini.

Packaging

Membuat kemasan blister dari suatu produk seringkali membuat frustasi jika Anda menggunakan fitur offset dan harus memastikan bahwa semua face sudah Anda pilih atau bahkan lebih buruk jika ada perubahan di modelnya dan Anda harus memperbaiki selama setengah hari untuk design yang baru.

Sebagai contoh :

1. Save as file Assembly sebagai file Part, kemudian 'insert into new Part'

2. Tambahkan beberapa fitur untuk menyederhanakan dan pastikan tidak ada under cut maupun negatif draft (under cut dan negatif draft bisa dicheck menggunakan fitur under cut & draft analysis yang ada di mold tools).









3. Selanjutnya tambahkan sesuai dengan ukuran yang kita inginkan (menggunakan surface planar).







4. Indent (Insert, Features, Indent) digunakan untuk membungkus seluruh permukaan. Anda juga bisa menambahkan cleareance jika dibutuhkan.










5. Step terakhir kita adalah menambahkan ketebalan pada surface yang telah dibuat (Insert, Boss/Base, Thicken).
Catatan : Gambar di samping telah dipisahkan dengan menggunakan Move Body (Insert, Features, Move/Copy )







Fitting dari part satu ke part lainnya.
Sebagai contoh, kami telah membuat design housing berdasarkan design PCB. Idenya adalah memotong bagian housing yang bertabrakan dengan PCB
Warna kuning diilustrasikan sebagai hasil Indent

Tooling Fixtures & Assembly Fixtures

Mirip dengan contoh pertama, Fitur Indent digunakan untuk memotong bagian tooling block. Setelah selesai, kita tambahkan beberapa lubang ulir dan slot agar flah drive tersebut mudah dilepaskan dari tooling.
Warna kuning diilustrasikan sebagai hasil Indent.

Artikel ini disadur dari Josh Altegrott, Support Manager Computer Aided Technology. Semoga Bermanfaat




Post a Comment

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Image and video hosting by TinyPic
SOLIDWORKS 2018 Great Design Get Built. Informasi dan penawaran hubungi ADS : 031-807 4179 / 0812-7938021 / anton@arismadata.com + SolidWorks 2018 telah hadir, ratusan fitur inovatif telah dikembangkan. Informasi dan penawaran hubungi ADS : 031-807 4179 / 0812-7938021 / anton@arismadata.com + SOLIDWORKS 2018 Great Design Get Built. Informasi dan penawaran hubungi ADS : 031-807 4179 / 0812-7938021 / anton@arismadata.com