Sudah ketemu jawabannya ?

Massa jenis kapal lebih kecil dari massa jenis air. Kok bisa ? Padahal kelereng aja udah pasti tenggelam. massa jenis = massa : volume. Semakin besar volume, maka semakin kecil massa jenisnya.

Mau gabung kedalam group ini ?

Silakan klik link diatas untuk mendaftar.

PT. Arisma Data Setia

Berpengalaman lebih dari 17 tahun menangani dan memberikan solusi bagi semua aspek design di berbagai bisnis yang berbeda. Kantor baru di Sidoarjo mengcover Jawa Tengah sampai Indonesia Timur.

Sudah ketemu jawabannya ?

Massa jenis kapal lebih kecil dari massa jenis air. Kok bisa ? Padahal kelereng aja udah pasti tenggelam. massa jenis = massa : volume. Semakin besar volume, maka semakin kecil massa jenisnya.

Mau gabung kedalam group ini ?

Silakan klik link diatas untuk mendaftar.

Mau tau kenapa?
Banyak yang bilang, kalo SolidWorks + Arisma Data adalah kombinasi yang pas.

Jumat, 29 Januari 2016

Aturan dasar dalam pembuatan design produk plastik dengan mold injeksi

Halo Sobat SUGAS,

Proses injeksi molding seringkali menjadi hal yang paling kompleks untuk dikerjakan. Hal ini tidak terlepas dari banyak trial dan error yang harus dilakukan. Nah, untuk mengurangi proses kegagalan tersebut ada baiknya kita simak tips sederhana dari Peter Rucinski selaku Senior Product Portfolio SOLIDWORKS Plastics berikut ini :

1. Ketebalan Part haruslah seragam

Menjaga ketebalan part agar selalu sama menjadi hal terbaik dalam membuat design produk mold injeksi. Keseragaman tersebut mebuat pola pengisian, besarnya molded-in stress dan shrinkage yang sama. Part yang memiliki ketebalan yang seragam memiliki kecenderungan yang sangat kecil akan melengkung ketika produknya menjadi dingin. Ilustrasi dari SOLIDWORKS Plastics di bawah ini menunjukkan angka ketebalan dari produk yang Anda design. Anda bisa menggunakan informasi ini untuk memodifikasi ketebalan part. Jika part Anda tergolong tipis, Anda cukup memodifikasi bagian yang tebal.


2. Hindari transisi tiba-tiba bentukan dari tipis menjadi tebal

Transisi ketebalan part sebenarnya agak sulit untuk dihindari jika kita membutuhkan rib dan gusset pada design kita. Akantetapi, transisi dari tipis ke tebal harus bergradasi sehalus mungkin untuk menghindari fenomena racetracking. 








3. Ikuti panduan pembuatan rib

Rib biasa digunakan untuk menopang dan menghidari terjadi warpage. Namun jika desain rib tidak salah maka masalah sink marks maupun warpage akan terjadi. Panduan untuk ukuran rib adalah sebagai berikut :

  • Ketebalan dasar rib berkisar 50-70% dari ketebalan part
  • Ketinggian rib berkisar 2.5 - 3x dari ketebalan part
  • Kemiringan rib 0.5 - 1.5 derajat (agar mudah pada proses pelepasan selepas proses injeksi mold)
  • Jarak antar rib harus berkisar 2 -3x ketebalan part
4. Hindari bentukan siku yang tajam

Siku yang tajam bisa menyebabkan konsentrasi stress yang menyebabkan mudah retak. Jalan keluar yang paling mudah tentunya menabhkan fillet maupun chamfer seperti ilustrasi di bawah ini :

Itulah tadi tips dasar yang perlu diperhatikan dalam pembuatan design produk plastik dengan mold injeksi. Jika membutuhkan informasi SOLIDWORKS Plastics lebih detail, bisa menghubungi PT. Arisma Data Setia di (031) 807 4179.

Selamat berakhir pekan dan Salam SUGAS.

Rabu, 27 Januari 2016

Edbro merilis produk baru lebih cepat berkat Solidworks



Logistik dan transportasi merupakan hal penting bagi seluruh industri, ketika transportasi mengalami kendala, seluruh perputaran bisnis akan terganggu. Namun, tidak semua industri otomotif sudah menggunakan teknologi yang mumpuni untuk menangani hal ini. Padahal, persaingan ide antar industri otomotif sangat jelas, seluruh industri otomotif berlomba-lomba untuk lebih dahulu merilis produk terbaru mereka.

3D CAD - Solidworks adalah solusi bagi industri otomotif untuk mendorong inovasi, nilai jual dan umur pakai dari produk. Mulai dari rangkaian listrik kecil sampai desain yang kompleks, beginilah cara Solidworks meningkatkan nilai, umur, dan kegunaan dari kendaraan.

Edbro adalah industri otomotif papan atas dengan reputasi sebagai produsen industri kendaraan kerekan hidrolik teratas. Dengan prestasi ini, Edbro memiliki nafsu tak terpuaskan untuk terus berinovasi dan menyumbang nilai jual di pasar.


3D modelling dan Finite Element Analysis (FEA) dari Solidworks memungkinkan Edbro untuk melakukan simulasi kompleks bagaimana suatu desain baru akan berfungsi dan bereaksi terhadap gaya dari luar. Dengan analisis ini, Edbro berhasil memperbaiki masalah manufaktur sebelum desain keluar dan mempercepat waktu rilis produk ke pasar. Hal ini tentu sangat menghemat pengeluaran Edbro, terutama karena mereka tidak lagi membutuhkan prototype / sample produk.

Tidak hanya itu,


Mengirim dan membuka file CAD adalah masalah lama yang menjengkelkan di kalangan industry rekayasa. Namun, dengan manajemen data dari Solidworks PDM Workgroup, Edbro bisa mengatasi masalah tersebut tanpa perlu mengirim data. Data akan otomatis terupdate ketika diubah oleh user yang berbeda. Hal ini tentu mengurangi kejengkelan para desainer. Selain itu, para desainer tak lagi kesulitan dalam mencari data karena semua perubahan akan ter-record dengan rapi.

Kemudahan merancang di Solidworks memungkinkan Edbro untuk memangkas biaya overhead. Pelanggan mendapatkan kualitas tanpa biaya tambahan – memungkinkan Edbro untuk bersaing di skala Internasional dengan harga murah.


Masih ragu menggunakan Solidworks?

Jumat, 22 Januari 2016

25 Perusahaan “Berdaya Cipta Tertinggi” di Dunia merupakan user Solidworks, apa sajakah mereka?

Tahukah Anda? 25 Perusahaan “Berdaya Cipta Tertinggi” di Dunia merupakan user Solidworks, apa sajakah mereka?


Rank
Company
Description
Patent Value
25
Bristol Meyers Squibb
Perusahaan Farmasi ini kini mampu menghasilkan laba lebih dari 2 kali lipat pada 7 tahun sebelumnya ($20.6 M)
16295
24
Nokia
18658
23
General Electric
Perusahaan yang didirikan Thomas Edison pada 1892 ini telah meraih lebih dari 1000 paten untuk produk generator angin dan subsektor energi
19649
22
Qualcomm
Perusahaan penemu jaringan CDMA
21149
21
Apple
Perusahaan ini mendapatkan banyak paten dari grafik computer, dan aplikasi
25587
20
Sun Micro
Sun Micro bergerak di bidang Computer-Network dan perangkat penyimpanan data. Mereka mendapatkan banyak hak cipta dari penemuan digital processing
27497
19
ExxonMobil
ExxonMobil (oil and gas) merupakan salah satu Perusahaan dengan penghasilan terbesar di tahun 2008 ($459.6 M)
28426
18
Pfizer
Perusahaan Farmasi ini banyak menghasilkan hak cipta dari produk pengobatan Alzheimer, kanker dan diabetes
29329
17
Fujitsu
Perusahaan ini bergerak di bidang jaringan telekomunikasi dan memori computer. Selain itu, perusahaan ini juga memproduksi printer dan plasma.
Fujitsu mendapatkan hak patennya dari penemuan gesture-control
31057
16
Xerox
Perusahaan ini memproduksi scanner, mesin fotokopi, dan electrophotography
33809
15
Texas Instruments
Bergerak di bidang semiconductor-microchips, perusahaan ini mampu menghasilkan 100 paten per bulannya.
36905
14
Sony
Perusahaan yang tak henti berinovasi dalam dunia digital ini menghasilkan 1500 paten per tahunnya.
43747
13
3M
Walaupun perusahaan ini tidak bergerak dibidang elektronik/teknologi seperti perusahaan pencetak paten lainnya, namun perusahaan ini juga mampu menghasilkan paten melalui produk peralatan kantor dan kesehatan, seperti post-it note.
46187
12
Medtronic
Adalah pencipta alat-alat kesehatan seperti defibrillator, drug-pumps, bone-grafts, dan neurostimulators.
46288
11
Toshiba
Toshiba mendapat patend dari penemuan telegraf, Baterai isi ulang, saklar elektronik, dan motor
48221
10
Seiko Epson
Dua perusahaan yang bergabung (Seiko = quart watch) dan Epson memiliki power yang kuat dalam penciptaan ink-jet printer, dan berbagai perangkat pendamping PC.
49573
9
Panasonic
51577
8
IBM
IBM adalah perusahaan dengan tingkat daya cipta tertinggi di dunia (di bidangnya). IBM adalah perusahaan pemegang hak cipta terbanyak selama 17 tahun terakhir. Peringkat ini kemudian disusul oleh Samsung
57414
7
Ricoh
57501
6
Hitachi
70450
5
Intel
96610
4
HP
101502
3
Canon
109650
2
Samsung
128727
1
Microsoft
185004

Tingginya inovasi dari pengguna Solidworks merupakan bukti Fleksibilitas Solidworks dalam memvisualisasikan ide-ide Anda. Tidak berhenti di pemodelan saja, Solidworks juga membantu Anda dalam Simulasi dan Analisis, sehingga Anda dapat menghemat waktu dan biaya Anda dan merealisasikan lebih banyak Ide.
Jika mereka menggunakan Solidworks, Mengapa Anda tidak?


Kamis, 21 Januari 2016

WOW! Anak Muda ini mendesain mobil rally yang bisa melaju 0-200 kph dalam 7 detik menggunakan SOLIDWORKS

Halo Sobat SUGAS,

Pernah ngebayangin ga sih untuk menggunakan SOLIDWORKS dalam mendesain barang-barang di rumah ? Misalnya : furniture di rumah, dock handphone ataupun tangan robot yang fenomenal baru-baru ini ?

Ini ada cerita inpiratif yang bener bener terjadi di New Zealand utara sana ada anak muda berumur 22 tahun bernama Alex Kelsey. Memang Ayah si Alex ini dulunya juga pebalap rally yang sukses guys. Itulah kenapa ayahnya juga pengen si Alex juga sukses di usianya yang masih muda. Awalnya di umur 12, Alex sudah bantu-bantu ayahnya untuk membuat mobil rally Mazda RX7 di gudang rumahnya. Bahkan di usia 14 tahun, sudah menjadi co-driver lho.

Setelah membuat beberapa mobil, dia mencoba untuk membuat mobil rallynya untuk kejuaraan rally kelas dunia (World Rally Championship). Tiga tahun kemudian ada agenda MC2 (MadCreation2) yang menyedot banyak perhatian kalangan pebalap rally di sana.

Gimana awal mulanya sih ?

Awalnya si Alex ini ternyata bosen guys dan ngerasa suara mobil rallynya kurang sip. "Saya butuh mobil yang keren, suaranya bombastis dan mudah dibuat hingga akhirnya mencari mesin yang tepat dan memasangnya di mobil" ujar Alex.

Untuk membantu anaknya, Orang tuanya rela keluarin uang untuk beli SOLIDWORKS sebagai hadiah ulang tahunnya ke-18. Bener-bener pengen sukses nih orang tuanya :)

Sejak saat itu, Alex sering ngobrol dengan mbah Google untuk mencari spare part yang dia butuhkan dan merancang sendiri bagian yang yang paling penting untuk mobil rallynya seperti chassis, suspensi, shock absorbers dan power steering rack.

tidied_hdr.jpg

Dia mulai dari body Peugeot 217 yang dia modifikasi dengan cetakan dia sendiri. "Alasan kami menggunakan body Peugeot adalah karena mobil ini cukup lebar untuk mengakomodasi penempatan mesinnya, tunnel transmisi dan masih cukup untuk menempatkan 2 jok ukuran normal" ujar Alex.

Dikarenakan hanya sedikit bagian yang tersisa dari Peugeot yang original, sampai-sampai mobil tersebut didaftarkan atas nama Kelsey MC2 bukan peugeot lho. "Yang masih original hanya bagian atapnya saja. Semuanya sudah dimodifikasi untuk mempermudah penempatan komponen di dalamnya" ujar Alex kembali. Tentunya modifikasinya pakai SOLIDWORKS lho.

Alex juga menggunakan SOLIDWORKS Simulation untuk menguji coba kekuatan chassisnya. 

4l1w0995.jpg

Check video ini guys gimana Alex beserta Kelsey MC2nya beraksi di semenanjung Coromandel.



Selamat Berkreasi Sobat SUGAS. Salam SUGAS

Disadur dari : blogs.solidworks.com

Senin, 11 Januari 2016

Solidworks Achievement

Terimakasih atas kepercayaan Anda. Kini dengan semakin banyaknya pengguna Solidworks, komunikasi desain pun menjadi lebih mudah.

Ribuan perguruan tinggi pun telah mengedukasi teknologi Solidworks kepada calon-calon tenaga kerja. Hal ini tentu dapat mempercepat proses training calon karyawan di Perusahaan Anda.

Pastikan juga, Anda telah mengambil program sertifikasi Solidworks dan tak perlu ragu untuk menghubungi Tim support kami untuk memaksimalkan penggunaan Solidworks Anda (selama masa maintenance). Perpanjang masa Maintenance Anda untuk dapat terus menikmati manfaat Support kami.

 Maju dan berkembangnya Solidworks tentu tidak lepas dari peran Anda, para pengguna setia Solidworks. Teruslah berpartisipasi dalam kemajuan Solidworks.

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Image and video hosting by TinyPic
SOLIDWORKS 2018 Great Design Get Built. Informasi dan penawaran hubungi ADS : 031-807 4179 / 0812-7938021 / anton@arismadata.com + SolidWorks 2018 telah hadir, ratusan fitur inovatif telah dikembangkan. Informasi dan penawaran hubungi ADS : 031-807 4179 / 0812-7938021 / anton@arismadata.com + SOLIDWORKS 2018 Great Design Get Built. Informasi dan penawaran hubungi ADS : 031-807 4179 / 0812-7938021 / anton@arismadata.com