Sudah ketemu jawabannya ?

Massa jenis kapal lebih kecil dari massa jenis air. Kok bisa ? Padahal kelereng aja udah pasti tenggelam. massa jenis = massa : volume. Semakin besar volume, maka semakin kecil massa jenisnya.

Mau gabung kedalam group ini ?

Silakan klik link diatas untuk mendaftar.

PT. Arisma Data Setia

Berpengalaman lebih dari 17 tahun menangani dan memberikan solusi bagi semua aspek design di berbagai bisnis yang berbeda. Kantor baru di Sidoarjo mengcover Jawa Tengah sampai Indonesia Timur.

Sudah ketemu jawabannya ?

Massa jenis kapal lebih kecil dari massa jenis air. Kok bisa ? Padahal kelereng aja udah pasti tenggelam. massa jenis = massa : volume. Semakin besar volume, maka semakin kecil massa jenisnya.

Mau gabung kedalam group ini ?

Silakan klik link diatas untuk mendaftar.

Mau tau kenapa?
Banyak yang bilang, kalo SolidWorks + Arisma Data adalah kombinasi yang pas.

Kamis, 27 Juni 2013

5 Fakta tentang software legal dan bajakan

Arek SUGAS yang budiman,

Seringkali kami berdiskusi tentang apa sich bedanya software bajakan dengan software resmi/legal. Ada yang bilang, software bajakan itu ga semua fiturnya bisa aktif. Adalagi yang bilang, kalau pakai software CAM bajakan, toolsnya sering nabrak ke mesin. Lain lagi yang udah pernah kena sweeping, asal ada 'upeti' pasti beres :D

Nah, apa aja sich fakta-fakta tentang software legal dan bajakan :

Software legal itu tidak mahal

Software legal tidak selalu identik dengan harga mahal. Bahkan banyak yang gratis lho. Kita tengok saja dari mulai Open Office, Libre Office sebagai alternatif Microsoft Office. DraftSight sebagai alternatif Auto CAD. Software legal dianggap mahal karena kita belum melihatnya sebagai investasi yang layak.
Seandainya software tidak bisa dibajak, apakah Anda masih mau menggunakan meja gambar daripada harus membeli SolidWorks ?

Software legal turut mencerdaskan bangsa

User yang pakai bajakan biasanya tidak mempelajari software secara utuh. Akibatnya banyak proses kerja yang kurang efektif akibat tidak ada dukungan dari penyedia software ketika mengalami kendala. Kita tidak bisa begitu saja membeli Ansys di Hi-tech Mall lalu belajar 3 hari dan mengaku pakar simulasi FEA. Untuk  mahir sebuah software professional, Anda butuh waktu panjang. Mulai dari pengetahuannya, kemampuan penguasaan software dan pengambilan keputusan.

Untuk itulah Partner kita, PT. Arisma Data Setia selaku reseller SolidWorks Indonesia menyediakan layanan support lewat berbagai media.

Selain itu, pengembang software khususnya SolidWorks juga menyediakan versi edukasi paket lengkap dengan harga yang hampir gratis. Versi edukasi diperuntukkan khusus di universitas dan sekolah karena pengembang software tidak ingin Anda mencoba-coba software tanpa dibimbing tenaga professional. SolidWorks juga sudah menyiapkan kurikulum yang efektif dan sudah dipakai di sekolah dan kampus sedunia.

Kerugian pembajakan lebih besar dari yang Anda bayangkan.

Beberapa waktu yang lalu ada banyak perusahaan di Sidoarjo dan Surabaya yang kena sweeping karena sudah menggunakan software bajakan. Jika sudah begini, hanya ada 2 opsi yaitu membeli software yang sudah dibajak atau harus berurusan dengan hukum. Kasus lainnya, komputer yang terinstall software bajakan akan disita beserta data yang tersimpan di dalamnya. Bayangkan kalau data perusahaan itu ternyata data yang Anda kerjakan selama bertahun-tahun dari pagi sampai petang bahkan Anda relakan untuk lembur di hari libur.

Fakta lainnya, 2 dari 3 PC dengan software bajakan itu mengandung malware yang memberikan hacker akses langsung ke dalam informasi password, email, file-file penting dan kartu kredit Anda. Informasi yang mereka curi dapat digunakan  untuk menguras isi tabungan Anda, membajak akun facebook, maupun untuk kepentingan lainnya yang merugikan Anda. Malware biasanya numpang pada keygen dan sejenisnya. Itulah kenapa keygen seringkali diblock oleh antivirus karena memang file tersebut berbahaya. Mereka tidak akan menyebarkan software gratis tanpa mengharapkan imbalan bukan ?


Selain itu negara kita termasuk masuk ke dalam peringkat atas dalam hal pembajakan. Sehingga ada beberapa pengembang aplikasi yang enggan menyediakan layanan di Indonesia. Sebaliknya untuk barang-barang seperti blackberry, iPhone, mobil, komputer tablet dan semua yang tidak bisa di 'crack' malahan marak beredar di Indonesia. Jangan menjadi sebuah ironi jika kita dibuat menjadi bangsa yang konsumtif tapi dibatasi pada software-software yang mendukung produktifitas.

Membeli software legal berarti turut menghidupi orang banyak

Software yang telah terinstall di komputer Anda melewati proses yang sangat panjang untuk bisa diinstall di komputer sehingga banyak orang yang terlibat di sana. Di perusahaan pengembang software sendiri ada CEO, developer, engineer, marketing, sampai Office Boy dan Cleaning Service. Setelah itu ada distributor atau partner di berbagai negara. Di sana juga ada dari direktur, sales, technical sampai driver dan office boy. Banyak perusahaan dan badan lain yang tidak langsung juga terlibat. Seperti humas (PR), shipping company, storage, pajak dan semua proses diantara developer dan komputer anda.

Artinya membeli software legal juga menghidupi semua orang-orang di atas. Dan menggunakan bajakan memutus rejeki mereka.

Fatwa MUI : Membajak software, haram hukumnya

Berdasarkan Fatwa MUI No. 1/MUNAS VII/MUI/15/2005 tentang Perlindungan Hak Kekayaan Intelektual, dimana dinyatakan setiap bentuk pelanggaran HKI diantaranya membajak adalah haram hukumnya. Hmm, kalau menggunakan software bajakan aja haram, kira-kira hasil pekerjaan dengan menggunakan software bajakan haram ga yah ?

Yuk Sharing pengalaman yang Anda miliki tentang software bajakan melalui fitur comment di bawah.


Thanks to Edwin Prakoso dan Microsoft Indonesia.

Selasa, 25 Juni 2013

Download 3DQuick Mold Lite gratis!

Arek SUGAS yang budiman,

Tantangan dalam setiap pembuatan mold (matras/cetakan) seringkali diawali pada saat pembuatan core-cavity serta pembuatan runner yang tepat. Bagaimana kita menentukan besarnya shrinkage, parting line, shut-off surface, parting surface dan pembuatan core-caviy body.

Apakah Anda masih merasakan bahwa cara yang Anda pakai untuk  membuat core-cavity dan runner kurang efektif ?
Ada baiknya Anda segera mencoba 3D Quick Mold Lite. Apakah software ini berbayar ? 3D Quick Mold Lite adalah software plug-in gratis di SolidWorks yang fokus pada pembuatan core-cavity serta wizard untuk pembuatan runner. 3D Quick Mold Lite didevelop oleh 3D QuickTools Ltd, sebuah perusahaan tooling dan CAD/CAM programmer berpengalaman yang berbasis di Hong Kong. Seperti software lite lainnya, 3D Quick Mold adalah solusi advanced yang dapat digunakan untuk design konstruksi mold secara menyeluruh (multi cavity, feeding, insert, moldbase, ejector, cooling, slider, lifter, electrode serta dilengkapi library)

Seperti apa sich penampakan 3D Quick Mold Lite ? PT. Arisma Data Setia selaku reseller SolidWorks di Indonesia telah memperkenalkan 3D Quick Mold Lite pada acara cangkrukan kemarin. Yuk, simak video di bawah ini :



Tertarik untuk pakai 3D Quick Mold Lite, langsung aja download 3D Quick Mold Lite disini.

Kamis, 20 Juni 2013

Paper Tab, sebuah komputer tablet yang bisa dilipat dan digulung


Arek SUGAS yang budiman,

Inovasi tidak akan pernah berhenti seiring naluri manusia yang berhasrat pada sesuatu yang lebih baik. Apalagi kalo kita ngomongin soal gadget. Saban bulan ada keluaran gadget terbaru. Pengennya sih ganti tiap hari kali yah.. Kalo kita ngomongin gadget ga akan lepas dari technology, design dan harga. Apalagi tren gadget masa kini yang semakin hari semakin tipis. Makanya muncul istilah 'kurang tipis kurang manis' yang artinya semakin tipis suatu gadget semakin digandrungi oleh banyak orang. Mungkin kita masih ingat jaman dulu ada handphone setebal batu bata dengan fitur terbatas dibandingkan handphone sekarang yang jauh lebih tipis tapi dilengkapi fitur gabungan dari gadget lainnya (kamera, mp3 player, tv dll).

Ngomongin gadget yang tipis, kali ini kami tampilkan penemuan dari Roel Vertegaal, Director of Queen’s University’s Human Media Lab in Kingston, Ont. Sebuah komputer tablet yang bisa digulung maupun dilipat ke saku layaknya kertas. Jadi Anda tak perlu khawatir lagi untuk melemparkannya ke meja kerja karena tidak akan pecah.

Paper Tab adalah sebuah pesaing iPad di masa depan yang mendukung tampilan 'electroforesis' yang fleksibel dan berfungsi sebagai kertas digital

Penasaran seperti apa teknologi baru itu ? Simak ulasan di bawah ini.

Arek SUGAS pasti bisa berinovasi.

Disadur dari Bloomberg Businessweek.

Selasa, 18 Juni 2013

Design Automation with SolidWorks API (Cangkrukan SUGAS III)

Arek SUGAS yang budiman,

Otomasi design menjadi elemen penting bagi sebuah perusahaan yang berbasis order. Kapanpun order datang, tim engineering tinggal mengimput pada suatu form yang kemudian mengubah standard design. Caranyapun beragam dari mulai menggunakan Driveworks maupun SolidWorks API. Driveworks disarankan bagi perusahaan yang tidak memiliki tim yang memahami bahasa pemrograman. Sedangkan SolidWorks API membutuhkan pengalaman dalam menggunakan visual basic.

Untuk itulah kami meminta bantuan Bapak Dwi Haryadi (SUGAS018) untuk memberikan wawasan mengenai otomasi design menggunakan SolidWorks API di Cangkrukan SUGAS yang ke-3 kemarin. Saat itu Pak Dwi Haryadi mempresentasikan kepiawaiannya dalam menggunakan SolidWorks API dengan ditemani Pak Edi Subakir (SUGAS125).

Walaupun semua yang ditampilkan di cangkrukan kemarin tidak bisa ditampilkan disini, review presentasi di bawah ini semoga bisa menambah wawasan Anda mengenai implementasi SolidWorks API :


Berikut contoh pembuatan spring dengan SolidWorks API :



Terakhir, seluruh komite SUGAS mengucapkan terima kasih atas partisipasi dan kerelaan Pak Dwi Haryadi & Pak Edi Subakir untuk mempersiapkan presentasi dan tutorial ini. Tambahan masing-masing 500 poin sudah ditambahkan ke halaman member.


Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Image and video hosting by TinyPic
SOLIDWORKS 2018 Great Design Get Built. Informasi dan penawaran hubungi ADS : 031-807 4179 / 0812-7938021 / anton@arismadata.com + SolidWorks 2018 telah hadir, ratusan fitur inovatif telah dikembangkan. Informasi dan penawaran hubungi ADS : 031-807 4179 / 0812-7938021 / anton@arismadata.com + SOLIDWORKS 2018 Great Design Get Built. Informasi dan penawaran hubungi ADS : 031-807 4179 / 0812-7938021 / anton@arismadata.com