Sudah ketemu jawabannya ?

Massa jenis kapal lebih kecil dari massa jenis air. Kok bisa ? Padahal kelereng aja udah pasti tenggelam. massa jenis = massa : volume. Semakin besar volume, maka semakin kecil massa jenisnya.

Mau gabung kedalam group ini ?

Silakan klik link diatas untuk mendaftar.

PT. Arisma Data Setia

Berpengalaman lebih dari 17 tahun menangani dan memberikan solusi bagi semua aspek design di berbagai bisnis yang berbeda. Kantor baru di Sidoarjo mengcover Jawa Tengah sampai Indonesia Timur.

Sudah ketemu jawabannya ?

Massa jenis kapal lebih kecil dari massa jenis air. Kok bisa ? Padahal kelereng aja udah pasti tenggelam. massa jenis = massa : volume. Semakin besar volume, maka semakin kecil massa jenisnya.

Mau gabung kedalam group ini ?

Silakan klik link diatas untuk mendaftar.

Mau tau kenapa?
Banyak yang bilang, kalo SolidWorks + Arisma Data adalah kombinasi yang pas.

Sabtu, 25 Mei 2013

Kuis SUGAS Berhadiah 2 Jam Tangan Swiss Army

Arek SUGAS yang budiman,

Untuk menyemarakkan agenda Cangkrukan SUGAS yang sedianya akan digelar minggu depan (Sabtu, 1 Juni 2013) kami adakan sebuah kuis.

Kuis ini berhadiah jam tangan Swiss Army tidak hanya satu tapi 2 jam tangan sekaligus  untuk 2 orang yang menjawab dengan benar dengan pertanyaan yang kami sesuaikan dengan topik blog kita minggu ini.



Pasti Anda sudah nungguin apa yang jadi pertanyaannya bukan ? Dan inilah yang Anda tanyakan :
Sebutkan 3 manfaat SolidWorks Composer !
 Mudah bukan ? Anda bisa cari jawabannya di blog ini.

Syarat dan ketentuan pemenang kuis :
  1. Jawaban bisa ditulis dengan menggunakan fitur comment di bawah dan masa berakhir kuis 30 Mei 2013.
  2. Jika jawaban benar lebih dari 2 orang, maka pemenang akan ditentukan dengan cara diundi pada saat acara cangkrukan SUGAS.
  3. Pemenang wajib hadir dalam acara cangkrukan SUGAS (1 Juni 2013) atau akan dianggap hangus.
Hayoo.. Buruan jawab kuisnya, sebelum ikut cangkrukan SUGAS.

Have a nice weekend semuanya..

Rabu, 22 Mei 2013

Perpustakaan SUGAS : SolidWorks Drawing & Detailing

Halo Arek SUGAS,

Kegiatan pembuatan gambar 2D drawing & detailing sepertinya belum bisa dihilangkan dari bagian kesulurahan proses design & manufacturing. Padahal, apa yang kita design merupakan bentuk 3D, saat menggambarpun kita membayangkan bentuk 3D atau bahkan model 3D tersebut langsung kita masukkan ke dalam software CAM agar bisa langsung dimanufacturing di mesin CNC. Lalu mengapa masih membutuhkan gambar 2D ? Ada yang mau share melalui comment di bawah ? Bisa menambah poin Anda juga lho..

Kalau menurut saya pribadi, salah satu hal yang tidak bisa dipisahkan dari manfaat 2D drawing & detailing adalah sebagai fungsi kontrol agar ada kesesuaian antara design produk dengan hasil manufacture.

Nah, di SolidWorks sendiri sudah tersedia banyak tools yang powerful. Menurut survey para pengguna SolidWorks, 80% kegiatan design dialokasikan untuk pembuatan model 3D dan sisanya dialokasikan untuk pembuatan 2D drawing & detailing. Apakah penggunaan tool di SolidWorks Drawing Anda sudah digunakan secara maksimal ? Kalau belum, ada baiknya Anda meluangkan waktu untuk membaca buku di bawah ini yang membahas tools yang ada di SolidWorks Drawing.

Selamat Membaca & Salam SUGAS.

Selasa, 21 Mei 2013

Bagaimana Pembuat Mesin Konstruksi Global Membuat Petunjuk Assembly Yang Lebih Cetar ?

Halo Arek SUGAS,

Sany Group adalah produsen mesin konstruksi terbesar keenam di dunia yang memproduksi concrete machinery, excavator, crawler cranes, truck cranes, pile driving machinery, road construction machinery, port machinery maupun wind turbine.

Untuk menunjang pekerjaan, mereka selalu menyiapkan SOP (Standard Operating Procedure) perakitan maupun penggantian spare part yang mudah dipahami oleh setiap karyawan mereka. Karena jika karyawan mereka salah memasang maupun melepas bagian-bagian yang ada dalam mesin mereka akan menyebabkan hal yang fatal. Dimulai dari molor dari deadline, assembly produk tidak bisa befungsi, maupun kerusakan spare part yang mahal.

Begitulah sekiranya SANY Group memutuskan untuk menggunakan SolidWorks Composer yang masih tergabung dalam keluarga besar SolidWorks.

SolidWorks Composer difokuskan untuk membuat :
  • Product manuals
  • Installation instructions
  • Maintenance & repair guides
  • Manufacturing assembly instructions
  • Training systems
  • Brochures
  • Product web pages
  • Interactive, configurable product demos
  • Sales bidding kits
  • Customer and supplier review presentations

Berikut urutan proses bagaiamana engineer mereka memanfaatkan SolidWorks Composer untuk memberikan pelatihan dalam perakitan assembly :

Step 1
Process Engineers mengimpor file CAD ke dalam aplikasi SolidWorks Composer. Berhubung SolidWorks Composer adalah aplikasi stand alone, maka akan semakin flexible digunakan oleh user yang tidak menggunakan SolidWorks maupun format file di luar SolidWorks. Kemudian Engineers tersebut membuat animasi perakitan dan menambahkan penjelasan yang diperlukan.


Step 2

Dalam editor SOP, Process engineer membuat link animasi yang sudah dibuat dengan teks yang ada di SOP.

Step 3.

Seluruh SOP yang terdiri dari teks, gambar 2D dan animasi 3D kemudian dirilis ke MES (manufacturing Execution Systems) yang ditempatkan di samping jalur perakitan. Pekerja dapat menonton secara langsung dan berinterkasi melalui layar touchscreen. Sehingga jika diklik salah satu urutan prosedure yang dibuat, akan  muncul dalam bentuk animasi.


Berikut contoh video yang menunjukkan cara perakitan salah satu produk Sany.


Thanks to http://solidworks.arismadata.com/blog/2013/05/20/bagaimana-sany.. 

Salam SUGAS.

Kamis, 16 Mei 2013

Undangan untuk Anda - Cangkrukan SUGAS Episode 3

Salam SUGAS,

Sudah 4 bulan yang lalu lamanya dari agenda SUGAS sebelumnya kita baru bisa akan berkumpul lagi. Sehingga banyak pesan masuk menanyakan kapan mau cangkrukan lagi. Hal ini tak lepas dari kesibukan para komite SUGAS sedang pamer susu. Eits, jangan ngeres dulu, pamer susu itu kepanjangan dari padat merayap susul menyusul. Ehm, kalo istilah tersebut kurang berkenan bagi Anda mohon dimaafkan karena ini hanyalah sebuah usaha memecah kesunyian di aktifitas sore hari yang kadang cenderung mengantuk. 

Cangkrukan SUGAS akan diadakan kembali pada hari Sabtu, 1 Juni 2013 bertempat di Lesehan Joyo (200m arah selatan dari Gor Delta Sidoarjo).

Satu alasan penting mengapa Anda harus hadir dalam acara kali ini adalah akan diumumkan 'Design Contest' dalam rangka menyambut hari jadi SUGAS yang pertama dengan hadiah dijamin menarik.
 Berikut informasi mengenai acara tersebut :


Panduan untuk Anda yang dari Surabaya bisa mengikuti peta di bawah ini :
View Larger Map

Wis Cak, Ojo kesuwen.. ayo langsung register lewat form di bawah ini / sms bagian administrasi di 085640253592 :

Kemeja SUGAS : stock sangat terbatas, siapa cepat dia dapat :D

Halo Arek SUGAS,

Sebelum ulang tahun SUGAS yang akan diadakan di bulan Agustus / September mendatang, ga afdol ya kalo kita belum punya seragam kebesaran.

Untuk itu, saat ini kami sudah buatkan kemeja SUGAS dengan stock terbatas. Kami hanya membuat sebanyak 100 buah. Jumlah ini belum dikurangi dengan beberapa member yang sudah mengantri duluan untuk mendapatkan kemeja ini. Selain itu, kami juga akan alokasikan 7 kemeja untuk sponsor kita yang sudah mendukung kita dari saat pertama berdirinya komunitas ini hingga kita sudah punya 237 member saat ini. Langsung diorder aja ya Cak kalo berminat.

Biar ga penasaran, berikut penampakan dari design kemeja yang kami siapkan. 


Gimana, Keren Kan ? Kemeja ini bisa didapatkan dengan mahar senilai Rp. 100.000,-. Namun bagi member yang sudah turut aktif dalam komunitas ini bisa menukarkan poin yang diperoleh sebanyak 1000 poin (jumlah poin bisa dilihat melalui halaman keanggotaan di http://blog.arek-sugas.org/p/member-sugas.html). Artinya, kalau Anda mempunyai tabungan 1000 poin, kemeja ini harganya gratis, tis, tis...

Prosedur pembayaran :
  1. Bagi member yang berdomisili di Surabaya dan sekitar bisa langsung dibayar dan diambil kemejanya saat cangkrukan SUGAS hari Sabtu, 1 Juni 2013 di lesehan Joyo, Sidoarjo.
  2. Bagi member yang tidak bisa hadir (khususnya luar kota) bisa langsung menghubungi 085640 253592 untuk informasi pembayaran dan ongkos kirim.

Monggo yang belum order bisa langsung diisi form di bawah ini.

10 penemuan yang akan mengubah kehidupan Anda sehari-hari (bag.II)

Melanjutkan artikel sebelumnya, Berikut 5 penemuan lainnya :

5. Kacamata pintar

Apakah Anda masih ingat dengan kata-kata 'I'll back' ala Terminator ? Apa yang menarik dari film ini ? Terminator dilengkapi dengan display informasi terhadap object yang dilihatnya.  Yah, hal itu sudah bukan hal mustahil lagi untuk digunakan karena sudah ada kacamata pintar yang menggabungkan kacamata dengan teknologi yang sudah ada di handphone. Anda bisa melihat informasi perkiraan suhu lingkungan tempat Anda berada, jam, memotret ataupun merekan video. Amazing bukan ?


4. Fiber yang ada di baju yang bisa menhasilkan arus listrik ketika Anda bergerak.

Di zaman yang serba canggih saat ini, hal seringkali terjadi adalah HP kita boros baterai. Jangan khawatir, sebentar lagi yang perlu Anda lakukan hanya mencolokkan charger ke baju Anda. Fiber ZnO bisa menghasilkan listrik ketika ditekan dan kita adalah sebuah mesin yang bisa menghasilkan energi ketika bernafas. Anda bisa bayangkan, beberapa fiber ini diletakkan di baju dan Anda sudah dapat menghasilkan energi listrik sendiri.



3. Speed Bumps
Anda mungkin tidak menyadari bahwa benturan mobil kita terhadap satpam tidur (kalau bentuknya besar, itu baru polisi tidur :p ) bisa mengakibatkan kerusakan pada mobil walaupun mobil berada dalam kecepatan rendah. Oleh karena itu, Jae-yun Kim dan Jong-Su Lee (bukan ovj ya) telah memodifikasi bahwa satpam tidur ini bisa melipat ketika Anda dalam kecepatan rendah dan bentuknya tetap jika Anda melaju kencang. Hmm, Anda pastinya pengen hal sebaliknya kan ?



2. Flyswatters

*zap *zap dan rumah Anda terbebas dari nyamuk. Bill Gates telah mendanai pembuatan alat ini dan tujuannya adalah membasmi malaria di daerah tropis.  Masuk akal bila kita meletakkan sensor suara dan mengunci posisi nyamuk lalu alat ini menembakkan laser. Sehingga Anda tak perlu khawatir karena lingkungan Anda terbebas dari nyamuk. Silakan klik video di bawah :






1. Keyboard Laser.

Anda bisa bebas tugas untuk membersihkan keyboard dan tidak perlu khawatir lagi pada suara yang bising ketika mengetik. Yap, inilah keyboard laser hasil pantulan dari sebuah proyektor di bidang datar.



Semoga Anda termotivasi dan terinspirasi.
(disadur dari realitypod.com)

Kamis, 02 Mei 2013

10 penemuan yang akan mengubah kehidupan Anda sehari-hari (bag.I)


Halo Arek SUGAS,

Menemukan penggunaan baru dari teknik, metode ataupun gadget yang sudah ada adalah inovasi yang sebenarnya. Dan kami berharap suatu hari akan ada penemuan yang tidak kalah hebatnya dari member SUGAS. Semoga 10 daftar teratas penggunaan barang sehari-hari yang telah ditingkatkan kemampuannya dapat menginspirasi Anda. 


10. Wi-Fi Routers
Para ilmuwan Cina telah mengubah router Wi-Fi yang biasa beredar di pasaran. Jika router Wi-Fi biasa menggunakan gelombang radio sebagai media untuk mengirimkan data, Wi-Fi baru ini mengandalkan cahaya. Jika Anda berpikir hal ini hanyalah sebuah fantasi maka Anda keliru. Gedung perkantoran di Minesota sudah menggunakan alat ini. Bagi Anda yang bertanya-tanya bagaimana Anda dapat menggunakan cahaya untuk transmisi data, baik itu menggunakan kode biner maupun kecepatan yang tidak dapat dilihat oleh mata manusia, video di bawah ini akan bercerita lebih banyak.


9. Touch Screens
OmniTouch adalah gadget yang perlu Anda masukkan ke dalam daftar wishlist Anda. Saat ini gadget ini sedang diteliti oleh Microsoft. Gadget ini dapat memproyeksikan layar di permukaan apapun dan proyeksi tersebut bisa digunakan sebagai layar sentuh. Kedengarannya menarik bukan ? Selain itu, gadget ini bisa memproyeksikan beberapa layar di permukaan yang berbeda.



8. Floor Mats
Inilah sesuatu yang banyak disukai orang karena dapat membersihkan sepatu Anda hanya dengan melangkah di atasnya. Dengan harga hampir 6000 USD, lantai ini memanfaatkan katup vakum kecil yang menyedot kotoran dari sepatu Anda dan membuangnya ke suatu wadah yang dapat dibersihkan setelah itu. Tersedia dalam berbagai ukuran dan bentuk, berikut video cara kerjanya :



7. Kaleng Soft Drink
Apakah Anda termasuk orang yang selalu ingin mimum minuman dalam kondisi dingin? Maka penemuan ini cukup untuk meredam rasa haus Anda. Ketika Anda menekan tombol yang ada di bawah, hal ini akan langsung mendinginkan minuman Anda sebesar 30 derajat! Bagaimana hal ini bisa terjadi? West Coast Chill yang aslinya adalah minuman energi memiliki CO2 di dalamnya dan akan dikeluarkan ketika Anda menekan tombol tersebut. Ekspansi gas membutuhkan panas yang berasal dari minuman itu sendiri, sehingga suhu panasnya akan hilang. Lihatlah video di bawah ini :


6. Tempat Sampah yang dapat menangkap sampah.

Ini seperti Anda membuang sampah tanpa harus bangun dari tempat duduk Anda. Tempat sampah dari Jepang ini akan memastikan bahwa sampah yang Anda buang pasti masuk ke alat ini. Alat ini menggunakan teknologi Xbox Kinect yang memetakan seluruh ruangan dapat mendeteksi ketika sampah sedang dilempar dan bergerak untuk menangkap sampah! Benar-benar otmatis.

Penasaran dengan penemuan lainnya ? Pastikan bahwa Anda tidak melewatkannya besok.
Untuk membaca lanjutan artikel ini klik disini.

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Image and video hosting by TinyPic
SOLIDWORKS 2018 Great Design Get Built. Informasi dan penawaran hubungi ADS : 031-807 4179 / 0812-7938021 / anton@arismadata.com + SolidWorks 2018 telah hadir, ratusan fitur inovatif telah dikembangkan. Informasi dan penawaran hubungi ADS : 031-807 4179 / 0812-7938021 / anton@arismadata.com + SOLIDWORKS 2018 Great Design Get Built. Informasi dan penawaran hubungi ADS : 031-807 4179 / 0812-7938021 / anton@arismadata.com