Sudah ketemu jawabannya ?

Massa jenis kapal lebih kecil dari massa jenis air. Kok bisa ? Padahal kelereng aja udah pasti tenggelam. massa jenis = massa : volume. Semakin besar volume, maka semakin kecil massa jenisnya.

Mau gabung kedalam group ini ?

Silakan klik link diatas untuk mendaftar.

PT. Arisma Data Setia

Berpengalaman lebih dari 17 tahun menangani dan memberikan solusi bagi semua aspek design di berbagai bisnis yang berbeda. Kantor baru di Sidoarjo mengcover Jawa Tengah sampai Indonesia Timur.

Sudah ketemu jawabannya ?

Massa jenis kapal lebih kecil dari massa jenis air. Kok bisa ? Padahal kelereng aja udah pasti tenggelam. massa jenis = massa : volume. Semakin besar volume, maka semakin kecil massa jenisnya.

Mau gabung kedalam group ini ?

Silakan klik link diatas untuk mendaftar.

Mau tau kenapa?
Banyak yang bilang, kalo SolidWorks + Arisma Data adalah kombinasi yang pas.

Kamis, 28 Maret 2013

Tukarkan poinmu dengan merchandise SUGAS

Arek SUGAS yang budiman,

Saat ini kami sedang dalam proses pembuatan T-shirt/kemeja SUGAS lho. Bagi yang berminat bisa langsung isi form di bawah. Pembuatan kaos/kemeja ini nantinya akan menggunakan kas SUGAS dan dana sponsor tentunya. Oleh karena itu, ga adil rasanya jika T-shirt/kemeja ini digratiskan untuk semua member baik yang aktif maupun baru saja mendaftar atau bahkan belum pernah datang ke eventnya SUGAS. Oleh karena itu kami buatkan sistem poin sehingga bisa dibedakan partisipasi aktif setiap membernya. Sehingga, bagi member yang poinnya banyak bisa mendapatkan kaos gratis dan ada sisa poin yang bisa ditukarkan dengan merchandise lainnya.

Bagi yang luar kota boleh memesan juga lho, dengan biaya kirim ditanggung masing-masing member.

Poin Anda bisa dicheck di halaman member :


Poin-poin tersebut dihitung berdasarkan :
  1. Menjadi Ketua SUGAS mendapatkan 1000 poin/tahun.
  2. Sharing / Presentasi pada saat event SUGAS mendapatkan 500 poin.
  3. Kehadiran pada saat event SUGAS mendapatkan 200 poin.
  4. Kepanitiaan pada saat event SUGAS mendapatkan 100 poin.
  5. Memberikan komentar yang bersifat membangun di blog mendapatkan 10 poin.
  6. Klik newsletter email yang dikirimkan setiap ada postingan baru di blog akan mendapatkan 5 poin.
Adapun penjelasan detailnya :

1. Ketua SUGAS
Dengan mempertimbangkan peran ketua yang sangat vital bagi kemajuan komunitas ini, sebenarnya 1000 poin masih kurang. Namun jika ditambahkan maka gap dengan member lainnya semakin besar :). Jadi 1000 poin adalah keputusan yang ideal.

2. Sharing / Presentasi
Setiap event, akan ada sharing dari member SUGAS yang notabene dari industri yang berbeda-beda mengenai penggunaan SolidWorks berikut tips/triknya secara bergiliran. Selain poin, merekapun akan mendapatkan sertifikat.

3. Kehadiran pada saat event SUGAS
Kami tidak mempermasalahkan besarnya biaya yang harus dikeluarkan untuk makan ataupun persewaan tempat untuk meeting. Sehingga kami berharap semakin banyak member, semakin banyak interaksi, semakin banyak ilmu yang bisa dibagi akan semakin besar manfaat bagi setiap membernya dan semakin besar komunitas ini.

Setiap member SUGAS akan mendapatkan 200 poin jika membayar uang kas sebesar 20ribu dan minimal kehadiran 4 jam.

4. Kepanitaan
Komunitas ini adalah milik kita bersama, jadi ide dan saran yang membangun juga sangat kami nantikan. Sehingga kami sangat berterima kasih bagi member yang telah bersedia membantu saat persiapan sebelum acara dimulai dengan memasang backdrop maupun aksesoris lain yang diperlukan. Untuk kedepannya, kepanitiaan ini akan digilir sehingga masing-masing member punya kesempatan yang sama untuk mendapatkan tambahan poin. 

Adapun kepanitiaan dibagi menjadi dua :
  • Penyambutan dan pendaftaran.
  • Persiapan tempat dan MC.
5. Komentar di blog
Agar ada interaksi bolak balik antara komite SUGAS dan membernya, komentar yang membangun sangat diperlukan dalam blog ini.

6. Klik Newsletter
Setiap ada posting baru di blog, biasanya akan ada pemberitahuan lewat email. Nah, bagi yang klik linknya untuk membaca lebih lanjut akan mendapatkan 5 poin. Jika baca lalu meninggalkan komentar ada tambahan 10 poin. Jadi total 15 poin didapatkan. Mantap kan.

Oh ya bagi yang belum pernah terima email, mohon kirim email ke komite@arek-sugas.org.

Contoh email :

Ayo kumpulkan terus poinnya untuk ditukarkan merchandise lainnya.

Merchandise pertama tersedia T-shirt/kemeja dengan stock 100 buah. Jadi buruan register ya Cak. Suwun.

Rabu, 27 Maret 2013

Perpustakaan SUGAS : Tutorial SolidWorks 2013

Arek SUGAS yang budiman,

Apakah Anda termasuk yang baru mulai belajar SolidWorks ? Bisa jadi mungkin karena perusahaan tempat Anda bekerja membeli license SolidWorks / SolidWorksnya baru saja diupgrade ke versi SolidWorks 2013, mungkin juga baru dengar kata 'SolidWorks' dan akhirnya penasaran mau tahu lebih jauh. Atau juga mau mengerjakan tugas akhir kuliah karena persyaratan  yang mengharuskan untuk menggunakan software 3D khususnya SolidWorks ?

Ayo jangan biarkan hanya Anda dan Tuhan saja yang tahu alasan pastinya. Share ceritamu lewat bagian 'comment' di bawah ya. Ini hukumnya tidak wajib tapi harus dilakukan :). Siapa tahu ada yang mau mengulurkan bantuan ketika Anda punya kendala dalam implementasi SolidWorks.

Oh ya, bagi Anda yang mau belajar SolidWorks tapi tidak tahu harus mulai darimana karena belum mengikuti training resmi dari PT. Arisma Data Setia (SolidWorks Reseller Indonesia), saatnya Anda ikuti panduan dari buku di bawah ini. Tapi bagi yang sudah belajar lama boleh juga nih untuk dijadikan bahan review, karena biasanya kesibukan membatasi kesempatan untuk mengeksplor fitur-fitur yang tidak pernah digunakan.

Selamat membaca karena di edisi berikutnya, kami akan tampilkan materi yang lebih spesifik :)

Tutorial SolidWorks : Pembuatan animasi rantai di SolidWorks

Halo Arek SUGAS,

Jam sudah menunjukkan pukul 10 malam ketika posting ini mulai ditulis. Tapi ide di kelapa, eh kepala mulai on fire guna menyiapkan edisi spesial blog SUGAS minggu ini. Postingan kali ini dimulai dengan tutorial untuk membuat animasi rantai. Rekan-rekan pasti penasaran dong bagaimana pembuatan animasi yang boleh dibilang tingkat lanjut alias membutuhkan pengalaman tapi Anda bisa coba dengan mudah.

Kami memberikan apresiasi kepada Matias, rekan kita di Swedia yang telah menyiapkan tutorial ini.

Langsung saja persiapkan filenya sebelum mengikuti kursus singkat kali ini dengan cara mendownload filenya di sini. Mohon maaf yang ga bisa buka filenya, SolidWorksnya perlu diupgrade dulu :p

Setelah Anda berhasil download file SolidWorksnya, mari kita ikuti dengan cara mempause videonya secara bertahap dengan resolusi tinggi jika koneksi internet Anda sedang bagus. Anda juga bisa download videonya dari Youtube. Ups, sebenernya udah ga boleh lho.




NB : Oh ya, hanya sekedar mengingatkan jangan ketinggalan untuk mengikuti SolidWorks Tip of the Day di panel sebelah kanan.  Terima kasih sudah mampir ke Blog kami.

Jumat, 22 Maret 2013

Copy Setting Wizard : Save your SolidWorks settings

Halo Arek SUGAS,

Inilah postingan pertama kami setelah beberapa hari lalu blog kita ini mati suri tidak dapat diakses karena alasan teknis. Namun kabar baiknya, di sisi sebelah kanan kami sudah tambahkan 'SolidWorks Tip of the day'. Jadi, kalau tidak ingin ketinggalan tips dari kami, pantengin blognya tiap hari ya :)

Oh ya hari ini pasti banyak yang bilang : "Thanks God, today is Friday". Hal ini tidak terlepas betapa istimewanya hari ini dan besok sudah week end :) 

Mari kita bayangkan jika ternyata setelah week end ternyata SolidWorksnya harus diinstall ulang gara-gara kena virus, Windowsnya error dll. Kami tidak bermaksud mendoakan kejadian yang buruk ini menimpa Anda namun kami ingin menyampaikan sebuah tips yang berkaitan dengan install ulang SolidWorks.  Proses install ulang SolidWorks tidak selalu karena kerusakan, namun bisa juga saat upgrade ke SolidWorks versi baru ataupun pergantian hardware. Biasanya setelah install ulang software, yang paling mengesalkan adalah settingan toolbar, shortcut keyboard dan Option yang kembali ke default alias settingan standard.

Lalu bagaimana cara save settingan yang sudah kita ubah sesuai kebutuhan personal dan project ?

Bagi Anda yang menggunakan SolidWorks 2013, bisa langsung akses dari Tools, Save/Restore Settings.
Namun yang belum menggunakan SolidWorks 2013, jangan berkecil hati karena bisa diakses melalui Start > All Programs > SolidWorksversion > SolidWorks Tools > Copy Settings Wizard icon.

1. Save Systems Setting
  • Pada dialog box yang sudah Anda aktifkan, pilih 'Save Setting' lalu klik 'Next'.
  • Lalu klik 'Browse' dan arahkan kemana settingan ini akan Anda simpan.
  • Klik Ok. Settingan sudah berhasil tersimpan dengan extension file .sldreg. Jika suatu saat di double klik akan restore/mengembalikan settingan seperti kondisi yang sudah tersimpan.
2. Restoring Systems Setting
    Proses ini hanya dilakukan jika ingin copy setting setelah install ulang/pindah komputer saja. Jadi tidak diperlukan jika Anda hanya ingin save systems setting dan SolidWorks masih berjalan normal.
  • Double klik file yang tadi sudah disimpan.
  • Pilih tujuan copy setting ini (Apakah user yang sedang aktif, komputer lain, atau user lain) lalu klik 'Next'. 
  • Jangan lupa checklist 'create backup' agar ada backup mengenai settingan sebelumnya lalu klik Finish.
Jadi tidak ada alasan lagi untuk mengeluh karena harus setting ulang toolbar dan shorcut keyboard. Saya jadi teringat pesan orang tua saya "kembalikan perkakas yang sudah terpakai dimana kamu menngambilnya".

Salam SUGAS dan selamat berakhir pekan.



Senin, 04 Maret 2013

Tutorial : Add Custom Weldment Profiles

Halo Arek SUGAS,

Di akhir bulan kemarin banyak sekali pertanyaan yang mampir ke Inbox kami mengenai cara menambahkan profile weldment baru ke dalam SolidWorks.





Bagi Arek SUGAS yang belum pernah menggunakan weldment, bisa melihat video di bawah ini :


Lalu Bagaimana cara menambahkan profile baru ke dalam SolidWorks ?

Adapun secara garis besar, proses yang harus dilalui :
  1. Create New Document Part
  2. Create Profile Sketch
  3. Save Document
  4. Add to Weldment Profile Locations

Mari kita ikuti langkah-langkah berikut ini :
1. Create New Document Part
     Klik File, New (Ctrl+N)  lalu double klik 'Part' 

2. Create Profile Sketch
    2.a buatlah 2D Sketch sesuai dgn bentuk profile yg diinginkan. Pastikan bahwa profil yang dibuat adalah skecth dengan kontur tertutup.
    2.b Exit Sketch
    Klik Exit Sketch jika Profile telah selesai dibuat. (icon terletak di kanan atas dokumen)
3. Save Dokumen
    3.a  Sebelum melakukan save dokumen, Anda diharuskan mengklik profile sketch yang sudah dibuat tadi
  3.b Hal - hal yang harus diperhatikan pada saat save weldment profile adalah sebagai berikut :
  • File Type : Lib feat Part (*.sldlfp)
  • Description : Isi bagian ini dengan ukuran dasar profile, agar tabel cut list yang dibuat sudah disertai keterangan ukuran yang digunakan.
  • File Name : Kami merekomendasikan agar filename disamakan dengan isian pada 'Description'.
  • Lokasi : Weldment profile disimpan kedalam 3 sub folder (Sebagai contoh kami membuat folder 'Weldment Profiles', lalu di dalam folder 'Weldment Profiles' kami membuat folder 'SUGAS', kemudian di dalam folder 'SUGAS' kami buat folder terakhir 'Aluminium Bar'. File disimpan di folder terakhir. 
     Mengapa diperlukan 3 Folder ? Karena nama folder tersebut akan digunakan saat mengaktifkan fitur 'Structural Member' :
     

Add to Weldment Profile Locations
   Klik Tools, Option, File Location  untuk menambahkan lokasi weldment sesuai lokasi folder 1 yang sudah Anda buat sebelumnya.

5. Sebagai langkah terakhir, mari kita lakukan test drive dengan mengaktifkan fitur 'structural member' dan kita cari sesuai folder yang sudah kita buat sebelumnya :

Selamat Mencoba dan Semoga Bermanfaat.

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Image and video hosting by TinyPic
SOLIDWORKS 2018 Great Design Get Built. Informasi dan penawaran hubungi ADS : 031-807 4179 / 0812-7938021 / anton@arismadata.com + SolidWorks 2018 telah hadir, ratusan fitur inovatif telah dikembangkan. Informasi dan penawaran hubungi ADS : 031-807 4179 / 0812-7938021 / anton@arismadata.com + SOLIDWORKS 2018 Great Design Get Built. Informasi dan penawaran hubungi ADS : 031-807 4179 / 0812-7938021 / anton@arismadata.com