Sudah ketemu jawabannya ?

Massa jenis kapal lebih kecil dari massa jenis air. Kok bisa ? Padahal kelereng aja udah pasti tenggelam. massa jenis = massa : volume. Semakin besar volume, maka semakin kecil massa jenisnya.

Mau gabung kedalam group ini ?

Silakan klik link diatas untuk mendaftar.

PT. Arisma Data Setia

Berpengalaman lebih dari 17 tahun menangani dan memberikan solusi bagi semua aspek design di berbagai bisnis yang berbeda. Kantor baru di Sidoarjo mengcover Jawa Tengah sampai Indonesia Timur.

Sudah ketemu jawabannya ?

Massa jenis kapal lebih kecil dari massa jenis air. Kok bisa ? Padahal kelereng aja udah pasti tenggelam. massa jenis = massa : volume. Semakin besar volume, maka semakin kecil massa jenisnya.

Mau gabung kedalam group ini ?

Silakan klik link diatas untuk mendaftar.

Mau tau kenapa?
Banyak yang bilang, kalo SolidWorks + Arisma Data adalah kombinasi yang pas.

Selasa, 26 Februari 2013

Laporan Keuangan SUGAS - Feb 2013


Halo Arek SUGAS,

Kami baru saja merampungkan pencairan dana dari pihak sponsor yang telah berpartisipasi dalam SUGAS Member Gathering part II. Pada laporan keuangan yang kedua ini pendapatan dari pihak sponsor memang menurun dari sebelumnya walaupun hanya beda tipis. Namun kas anggota berhasil menutupi kekurangan tersebut sehingga kita membukukan keuangan yang lebih baik dari pertemuan sebelumnya.

Adapun pihak Sponsor yang telah terlibat :
  • Sponsor I    : Arisma Data Setia (SolidWorks Reseller Indonesia)
  • Sponsor II   : SolidWorks User Group Network (principal)
  • Sponsor III  : Unicam Indonesia (MasterCAM Reseller Indonesia)
  • Sponsor IV  :  Trimitra Wisesa Abadi (3D Printing & 3D Scanner Specialist)
Kami berterima kasih atas partisipasi dan kerjasama dari semua sponsor dan tidak lupa dukungan dari semua member SUGAS agar komunitas ini bisa terus berkembang untuk memberikan manfaat bagi kita semua.

Berikut rincian keuangan SUGAS sampai pada bulan Februari 2013 :

Ini berarti, dana talangan untuk pembuatan T-shirt sudah tersedia :) 
Nanti kami siapkan form untuk pre-ordernya ya..

Kira-kira harus diapakan dana sebanyak ini agar lebih berkembang lagi ya ? 

Selasa, 19 Februari 2013

How to bring design into reality

Halo Arek SUGAS,

Pernahkah Anda pada suatu waktu mengalami kejadian ketika manajer/customer Anda yang telah melihat design product di komputer, lalu ketika prototype pertama telah dibuat beliau mengatakan : "Kamu yakin ukurannya benar ?, soalnya ini terlihat lebih kecil di layar komputer". Padahal disaat yang bersamaan, Anda sudah hampir menyelesaikan design tooling (Mold, Dies, Jig). Akhirnya, pikiran Andapun berkecamuk untuk mencari ide agar waktu yang Anda habiskan berhari-hari untuk membuat design tooling tidak terbuang sia-sia.

Bagaimana hal ini bisa terjadi ? Anda sudah seringkali mengirimkan hasil design dengan mereka, mengapa mereka masih saja berpikir ada perbedaan antara hasil design di komputer dengan prototype ?

Bayangkan jika Anda mendesign sebuah botol shampoo (benda yang tergolong kecil) atau sebuah mobil (benda yang tergolong besar), akhirnya akan terlihat di ukuran yang sama di layar komputer. Biasanya kita meng-klik zoom to fit untuk memaksimalkan ruang kerja dan tidak ada referensi visual pada layar untuk membantu kita melihat ukuran yang benar. Jadi, kita tidak yakin dengan ukuran sebenarnya suatu produk kita sampai memiliki model fisik yang dapat kita bandingkan dengan apa yang kita design.

Bukankah lebih bagus jika kita bisa menempat design 3D virtual di atas meja atau di suatu ruangan ? Sehingga dengan cara tersebut kita melihat dari sisi samping, kita geser, berputar sehingga design kita tampak proposional dengan skala 1:1. Apakah Anda ingin melakukan hal ini pada saat mendesign dan sesering yang Anda suka ?

Ya, SolidWorks baru saja merilis eDrawing di iOS yang didukung dengan teknologi Augmented Reality (AR). Kami akan membiarkan video di bawah untuk menjelaskan lebih detail, namun berikut poin pentingnya:
  • AR tersedia di eDrawing versi standard dan professional baik untuk iPad maupun iPhone.
  • Teknologi ini memungkinkan bagi seluruh tim desain melihat produk dengan skala penuh sehingga ukuran sebenarnya terlihat jelas bagi setiap orang yang melihat. Setiap orang yang telah mencoba hal ini mengatakan bahwa teknologi ini merupakan alat penjualan yang hebat untuk mempromosikan produk mereka sendiri kepada pelanggan.
  • Anda dapat menggunakan konfigurasi untuk memuat seluruh variasi design di eDrawing dan kemudian menggunakan AR untuk memvisualisikan hasil design di atas meja pelanggan Anda.



eDrawings for iOS with Augmented Reality sekarang sudah tersedia di Apple Store. Jika Anda sudah membeli sebelumnya, Anda hanya cukup melakukan update di iTunes untuk mendapatkan kemampuan ini.








Minggu, 10 Februari 2013

Kilas balik SUGAS 2nd Meeting : Back to Campus

Halo Arek SUGAS,

Saya atas nama pribadi mohon maaf baru bisa membuat postingan ini dikarenakan agenda luar kota yang sangat padat.

Agenda SUGAS kemarin mengambil setting di sebuah universitas terkemuka di Surabaya, Universitas Pelita Harapan. Kami mengucapkan terima kasih kepada pihak UPH yang telah memperbolehkan salah satu ruang perkuliahan untuk dipakai dalam acara SUGAS Member Gathering part II. Dengan adanya tema 'back to campus' semoga hal ini bisa jadi pengingat bahwa belajar tidaklah mengenal usia. Sekalipun kita sudah menjadi professional, belajar masih juga diperlukan. Semoga rekan-rekan SUGAS juga merasakan manfaat dengan hadir dalam acara ini.

Rekan-rekan Komite SUGAS sudah bersiap-siap di UPH sejak jam 12 saing untuk menghandle registrasi dengan adanya uang kas sebesar Rp. 20.000,- (berkurang Rp. 5.000,- dari kesepakatan awal). Peserta yang datangpun mendapatkan sticker bertuliskan 'Damn! I Love SolidWorks'. Keren ga tuh ?

Acara kemarin dimulai jam 13.15 sembari menunggu beberapa member SUGAS yang masih punya kewajban untuk melaksanakan tugas selama setengah hari. Di awal agenda, kami membahas mengenai alokasi kas SUGAS pertemuan pertama yang mencapai 5jt. Para member yang datang sepakat untuk membuat T-shirt/ Jaket (salah satu) dengan mempertimbangkan unsur budget. Cak Pandika Darmawan (SUGAS046) sudah menawarkan diri untuk mencarikan informasi harga dan supplier terbaik :). Nantinya harga merchandise ini akan bervariasi dengan kami terapkan sistem poin. Apa sih sistem poin ? Mau tau aja atau mau tau banget ? Nantikan posting berikutnya ya...

Acara berikutnya dilanjutkan dengan perkenalan member baru. Kali ini peserta yang paling jauh berasal dari Boyolali (± 300 km dari Surabaya). Wah yang dekat jangan mau kalah ya di pertemuan berikutnya. hehe..
Wah ada juga nih masukan dari rekan mahasiswa yang sudah datang : "blognya udah menarik, cuman sayangnya pembacanya hit-run ga pernah ninggalin comment" Kira-kira rekan-rekan SUGAS mengalami kendala dalam pemberian comment di blog ga ya ? Sebagai informasi, anda bisa memberikan comment dengan akun Facebook, Yahoo!, AOL, maupun hotmail.

Setelah itu, PT. Arisma Data Setia mengisi sesi SolidWorks Tips/Trick. Dengan antusias para member bergantian untuk mempraktekkan dan mencatat tips/trik yang diberikan bahkan berdiskusi dengan tim Arisma Data Setia. Dokumen tips/trik akan kami posting di posting berikutnya juga lho berikut pertanyaan yang disampaikan dalam forum.

Acarapun berganti ke coffee break dimana para member yang hadir bergantian menikmati snack yang dihidangkan dan juga sholat Ashar bagi yang muslim. Selain itu, PT. Trimitra Wisesa Abadi selaku 3D Print & 3D Scan Spesialist mendemokan cara kerja mesin Scan 3D sampai dengan jadi 3D Model di SolidWorks. Ya, teknologi yang saat ini sedang booming. Anda tertarik juga dengan informasi ini ? Bisa langsung menghubungi tim dari PT. TWA secara langsung dengan klik link di bagian bawah ataupun menghubungi Komite SUGAS.

Kembali ke acara utama yaitu sharing dari Pak Hanung Aditio (SUGAS029) dan dibantu Pak Richa Tiar (SUGAS124). Beliau berdua sharing pengalaman penggunaan SolidWorks di dunia Enginerring Service & Construction. Beliau berpengalaman dalam banyak kontrak pembuatan pabrik gula, dan pembuatan Plant di berbagai bidang Industri. Beliau merasa terbantu dengan penggunaan SolidWorks dalam estimasi nilai kontrak (perhitungan jumlah kebutuhan material) dan visualisasi produk yang mudah dipahami oleh customer. Selain itu juga dibahas mengenai structure modelling di SolidWorks, analisa kekuatan struktural dan kekuatan las.

Lalu pihak Reseller Mastercam Indonesia (PT. Unicam Indonesia) berkenalan dengan para member SUGAS. Pertemuan kali ini sangat membuat penasaran para member SUGAS berhubung tidak ditampilkannya Mastercam dalam sesi ini. Pihak Unicam saat itu hanya ingin berkenalan terlebih dahulu dengan member SUGAS dan selebihnya akan dibahas dalam meeting-meeting berikutnya.

Sebagai acara penutup, ada sesi Q&A mengenai penggunaan SolidWorks pada saat implementasi dan pembagian hadiah. Bagi yang belum pernah mendapatkan hadiah, semoga bisa mendapatkan di pertemuan berikutnya :). Acarapun ditutup dengan makan malam bersama.

Berikut foto-foto yang berhasil diabadikan untuk event kita kali ini :

Untuk lebih lanjut, posting yang terkait dengan kilas balik SUGAS Member Gathering bisa dilihat :
Topik Pilihan/Kilas Balik Member Gathering/Part II

Sampai jumpa di Pertemuan berikutnya.

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Image and video hosting by TinyPic
SOLIDWORKS 2018 Great Design Get Built. Informasi dan penawaran hubungi ADS : 031-807 4179 / 0812-7938021 / anton@arismadata.com + SolidWorks 2018 telah hadir, ratusan fitur inovatif telah dikembangkan. Informasi dan penawaran hubungi ADS : 031-807 4179 / 0812-7938021 / anton@arismadata.com + SOLIDWORKS 2018 Great Design Get Built. Informasi dan penawaran hubungi ADS : 031-807 4179 / 0812-7938021 / anton@arismadata.com