Sudah ketemu jawabannya ?

Massa jenis kapal lebih kecil dari massa jenis air. Kok bisa ? Padahal kelereng aja udah pasti tenggelam. massa jenis = massa : volume. Semakin besar volume, maka semakin kecil massa jenisnya.

Mau gabung kedalam group ini ?

Silakan klik link diatas untuk mendaftar.

PT. Arisma Data Setia

Berpengalaman lebih dari 17 tahun menangani dan memberikan solusi bagi semua aspek design di berbagai bisnis yang berbeda. Kantor baru di Sidoarjo mengcover Jawa Tengah sampai Indonesia Timur.

Sudah ketemu jawabannya ?

Massa jenis kapal lebih kecil dari massa jenis air. Kok bisa ? Padahal kelereng aja udah pasti tenggelam. massa jenis = massa : volume. Semakin besar volume, maka semakin kecil massa jenisnya.

Mau gabung kedalam group ini ?

Silakan klik link diatas untuk mendaftar.

Mau tau kenapa?
Banyak yang bilang, kalo SolidWorks + Arisma Data adalah kombinasi yang pas.

Selasa, 30 Oktober 2012

Tops Enhancements SW2013 - Edisi I

Halo Arek SUGAS,

Sehubungan dengan telah dirilisnya SolidWorks 2013 ( rilis yang ke-21) pada tanggal 9 Oktober 2012 lalu, penting kiranya bagi kita untuk mengupas fitur apa saja yang terbaru di SolidWorks 2013.

Konon ribuan fitur telah direquest oleh pengguna SolidWorks di Seluruh dunia setiap tahunnya. Dan pada akhirnya feedback berharga tersebut telah direalisasikan sebanyak 250an ke dalam setiap versi terbaru dan 90% diantaranya atas permintaan customer. Ini berarti SolidWorks menjadi Software yang paling dinanti setiap tahunnya.

Dan bagi Anda yang masih dalam masa maintenance akan mendapatkan upgradenya secara gratis.

Pada edisi kali ini, kami ingin membahas 5 topik fitur yang ditambahkan di SolidWorks 2013 :

1. Measure Tool
Penyempurnaan telah dilakukan pada Measure Tools pada fungsionalitas dan tampilan, meliputi :

- Point -to-Point Mode
Anda bisa melakukan pengukuran jarak antara 2 titik pada sebuah model. Mode ini mendukung snap pada faces & edges, begitu juga midpoints, quadrant, dan intersections.

-Arc/Circle Measurements
Anda bisa melakukan pengukuran dengan kondisi suatu arc yang dicustom. Sebagai contoh. Anda bisa mengukur jarak center di lingkaran pertama dan garis terluar di lingkaran lainnya. Gunakan drop-down menu  pada measure callouts di graphic area untuk mengganti pilihan center, maximum, minimun dan custom.

- History
Kita bisa melihat riwayat pengukuran pada sesi terakhir SolidWorks.



2. View Selector
Tekan Ctrl + Spacebar untuk menggunakan view selector.




3. SolidWorks CAD Admin Dashboard
Dengan CAD Admin Dashboard, Anda dapat memonitor performance, status hardware, dan mengganti setting Systems Option bagi setiap user SolidWorks di peruhaan Anda. Dashboardnya bisa Anda akses melalui Customer Portal bagi Anda yang masih dalam maintenance.



4. Previous Release interopability.
Anda dapat membuka file Part & Assembly SolidWorks 2013 menggunakan SolidWorks 2012 Service Pack 5.

Mulai SolidWorks 2012, Service Pack 5 bisa digunakan untuk membuka file versi satu tahun lebih baru. Misalnya, di SolidWorks 2013 Service Pack 5 Anda akan dapat membuka file SolidWorks 2014. Interoperabilitas hanya mendukung rilis berturut-turut. Misalnya, Anda tidak dapat membuka file dalam SolidWorks 2014 di SolidWorks 2012 Service Pack 5.

File masa depan muncul dalam mode read-only ketika dibuka dalam rilis sebelumnya. Namun, setelah Anda meng-upgrade ke versi berikutnya, semua desain FeatureManager akan kembali tersedia.




5. SolidWorks Costing
Sekarang SolidWorks costing support untuk perhitungan biaya manufacturing untuk proses bubut dan multibody.



Nantikan Edisi berikutnya di Serba-Serbi SolidWorks 2013.

Kamis, 25 Oktober 2012

Kehidupan Sustainable

Halo Arek SUGAS,

Bagaimana menumbuhkan kehidupan berkelanjutan merupakan tantangan terbesar yang dihadapi perusahaan manapun, tantangan terbesar abad 21 adalah untuk menyediakan standar kehidupan yang baik bagi 7 miliar orang tanpa menggerogoti sumber daya bumi atau menimbulkan lebih banyak hutang.

Kita semua pasti sepakat dan sudah merasakan bahwa suhu bumi kita semakin hari semakin memanas, kekayaan alam semakin habis terkuras, beberapa jenis spesies flora dan fauna semakin langka dan menjadi punah, jurang antara kaya dan miskin pun semakin tergali dalam - Semua ini bukan merupakan contoh sustainability.

Bisnis Model Baru
Industri bisnis seharusnya dapat menentukan seperti apa dia akan memainkan bisnisnya. Apakah hanya akan duduk diam menunggu pemerintah bertindak atau memulai untuk mengatasi semua masalah yang ada. Industri Bisnis seharusnya menjadi bagian dari solusi di bumi ini.

Untuk meraih hal tersebut, industri bisnis harus berubah!!

Sudah tidak saatnya lagi model laporan triwulan melainkan beroperasi untuk jangka panjang. Hal ini seharusnya juga menjadi bagian dari masyarakat yang tidak terpisahkan,  baik masyarakat, perusahaan maupun negara memangku beban yang sama terhadap tanggungjawab ini.  

Bayangkan jika kita terus menerus menghabiskan sumber daya seperti air, makanan, tanah dan energi tanpa mempertimbangkan sustainability, maka tidak ada satupun dari kita yang akan hidup makmur.


Jumat, 12 Oktober 2012

ADS Weekly Tips : Design Library - SolidWorks Time Saving feature

Halo Arek SUGAS,

Apakah minggu ini Anda belum mendapatkan email weekly dari PT. Arisma Data Setia selaku SolidWorks Reseller Indonesia ?

Yup, Minggu ini tema yang dibahas adalah penghematan waktu dengan menggunakan design library.

Dengan memanfaatkan fitur ini, kita bisa mengemat waktu yang biasanya kita gunakan untuk pembuatan sketch, feature, input di simulation dll.

Note : Bagi yang belum mendapatkan email weekly tips tersebut bisa register dengan cara klik disini.
Atau mungkin ada yang mau berbagi tips, silakan hubungi komite@arek-sugas.org

Langsung saja Cak, mari kita simak video di bawah ini :

Rabu, 10 Oktober 2012

Jadilah 2D CAD Hero di Perusahaan Anda

Halo Arek SUGAS,

Masihkah Perusahaan Anda yang menggunakan teknologi 2D yang belum memungkinkan untuk digantikan dengan teknologi 3D ?

Apakah Software 2D yang digunakan juga sudah berlisensi resmi ?

Inilah saatnya bagi Anda untuk menjadi pahlawan tanpa tanda jasa untuk penggunaan 2D CAD di Perusahaan Anda.


Bagaimana caranya ?

Caranya sangat mudah dan tentu saja gratis Cak. Dassault Systems sebagai leading CAD development memberikan versi gratis software 2D yang dinamakan DraftSight.

Apa saja keuntungan menggunakan DraftSight ?
Ternyata sesuatu yang gratis juga ada manfaatnya juga yah :).
Berikut beberapa keuntungan yang bisa kita pertimbangkan
  1. Penghematan budget perusahaan
    • Jika 2D CAD versi basic saja harganya US$1500/license. Berapa ribu dollar yang akan Anda hemat ?
  2. Tidak ada paksaan upgrade dikarenakan tidak bisa membuka versi dwg terbaru.
    • Dengan menggunakan DraftSight Anda akan selalu mendapatkan versi terbaru. Bahkan DraftSight mempunyai kemampuan untuk open file *.dwg dari berbagai versi.
  3. DraftSight bisa diinstall di berbagai Operting Systems.
    • Bukan hanya running di Windows, namun bisa juga di Mac OS X, Linux (Ubuntu, Fedora, Suse, maupun Mandriva)
  4. Tidak mengganggu produktifitas design. 
    • DraftSight hadir dengan tampilan yang tidak jauh berbeda sehingga tidak diperlukan masa adaptasi yang lama. Bahkan DraftSight juga memiliki special feature yang mungkin belum Anda gunakan sebelumnya.
  5. Anda telah memilih partner yanng tepat.
    • Dassault Systems sebagai leading CAD developer tentunya tidak sembarangan untuk mengeluarkan sebuah software. Nama baik mereka bergantung pada kemampuan software yang mereka buat.

Dimana saya bisa mendapatkan Softwarenya ?
Softwarenya bisa langsung didownload melalui link di bawah ini sesuai OS yang Anda gunakan :

Dimana saya bisa mendapatkan panduan untuk menggunakan Software ini ?
Tutorial DraftSight bisa didapatkan dengan cara klik disini. Tutorial tersebut terdiri dari 198 halaman, benar-benar lengkap kan ?

Apa yang saya lakukan setelah proses installasi ?
Ketika Anda mengaktifkan DraftSight pertama kalinya, Anda diminta untuk memasukkan alamat email sebagai bagian proses aktivasi. Jangan khawatir, Anda tidak akan dipungut biaya untuk hal ini.

Maju Terus Cak dan Salam SUGAS.

Selasa, 02 Oktober 2012

SUGAS 1st Meeting : Let's Fun with Playing Your Design

Halo Arek SUGAS,

Akhirnya agenda launching SUGAS purna sudah. Perencanaan yang dilakukan selama sebulan terakhir dimana kami mulai mengajak banyak orang yang tertarik pada dunia SolidWorks untuk bergabung menjadi member SUGAS. Dan hasilnya 131 member SUGAS telah bergabung sampai detik ini. Selain itu media informasi berupa blog telah dikunjungi lebih dari 4400x dalam sebulan terakhir. Dan juga 255 member telah bergabung ke facebook group SUGAS. Proses pendaftaran group ini pada SolidWorks User group Internasional, persiapan undangan, pembuatan printing (banner, backdrop, member ID, AD/ART SUGAS), dan follow up undangan akhirnya terbayar lunas pada agenda kemarin.

Walaupun Acara ini baru akan dimulai pukul 14.00, namun sejak pukul 12.30 sudah banyak Arek SUGAS yang datang. Agenda kemarin telah dihadiri 55 Arek SUGAS dari 75 konfirmasi kehadiran. Beberapa Arek SUGAS yang tadinya antusias untuk hadir dalam acara ini tiba-tiba tidak bisa hadir dikarenakan tugas negara yang begitu mendesak :). Arek SUGAS yang hadir datang dari berbagai kalangan mulai dari pengguna, calon pengguna yang punya ketertarikan besar pada SolidWorks dan juga ada beberapa pemilik bisnis. Salah satunya adalah Bpk. Wimma Pramasto, alumnus ITS yang telah mempunyai paten di Amerika mengenai teknologi Nuklir. Mereka berbaur dan mengakrabkan diri satu sama lain untuk sharing mengenai design & engineering. Tentu saja ini adalah atmosfir luar biasa.

Acara ini dimulai dengan kata sambutan dari ketua SUGAS periode pertama, Bpk. Rachmad Kristanta. Kemudian dilanjutkan dengan perkenalan dari masing-masing anggota. Mereka saling berbagi pengalaman yang luar biasa mengenai SolidWorks, padahal mayoritas dari mereka sudah mencoba berbagai Software CAD. Setelah acara coffee break, diadakan seminar teknologi seputar 3D Scan & 3D Print dengan mengundang praktisi bisnis dari PT. Trimitra Abadi Wisesa Abadi dari Jakarta. Kemudian dilanjutkan dengan bocoran What's New SolidWorks 2013 dari PT. Arisma Data Setia selaku Reseller SolidWorks Indonesia.

Dalam acara ini Arek SUGAS banyak yang memberi masukan mengenai konten blog maupun acara yang nantinya bisa dimulai sejak pukul 13.00 sehingga durasinya bisa lebih lama.

Sebelum penutupan, acara yang tidak kalah serunya adalah ketika pembagian doorprize. Ketika hasil undian merujuk pada Bpk. Machfud (SUGAS086) sebagai Arek SUGAS yang beruntung untuk mendapatkan kesempatan pertama untuk mendapatkan DVD Player SONY namun gagal karena tidak bisa menjawab pertanyaan yang diajukan. Tetapi beliau tetap mendapatkan hadiah hiburan berupa kaos dari PT. Arisma Data. Akhirnya Door Prize tersebut jatuh kepada Bpk. Dovi Irvan Farozi (SUGAS126) dan satu kaos lagi berhasil didapatkan Bpk. Surya Budi Santoso (SUGAS096).

Pukul 18.30, acara ditutup dengan do'a bersama agar group ini dapat terus berkembang, memberikan manfaat bagi semua Arek SUGAS dan Arek SUGAS yang hadir pada agenda tersebut dapat pulang dengan selamat. Sebelum pulang tetap narsis dulu untuk Photo bersama di belakang spanduk dan di bawah backdrop SUGAS.

Untuk selanjutnya, informasi kas SUGAS akan kami posting segera setelah semua proses perhitungan keuangannya selesai.

Berikut ini photo-photo dalam event tersebut yang terdiri dari 83 foto agar semua Arek SUGAS tidak merasa disisihkan karena tidak kami tampilkan fotonya dalam blog ini :)

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Image and video hosting by TinyPic
SOLIDWORKS 2018 Great Design Get Built. Informasi dan penawaran hubungi ADS : 031-807 4179 / 0812-7938021 / anton@arismadata.com + SolidWorks 2018 telah hadir, ratusan fitur inovatif telah dikembangkan. Informasi dan penawaran hubungi ADS : 031-807 4179 / 0812-7938021 / anton@arismadata.com + SOLIDWORKS 2018 Great Design Get Built. Informasi dan penawaran hubungi ADS : 031-807 4179 / 0812-7938021 / anton@arismadata.com